PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KAYANG DALAM PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS METODE DRILL UNTUK SISWA KELAS IV-VI SEKOLAH DASAR

STEVEN DAVID IKARI, . (2022) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KAYANG DALAM PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS METODE DRILL UNTUK SISWA KELAS IV-VI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku panduan kayang kelas IV-VI sekolah dasar. Pengembangan buku panduan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall, yakni pengumpulan data, desain dan pengembangan produk, validasi produk, uji coba produk dan pengolahan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Respon dari pengembangan ini diantaranya satu dosen ahlim materi, satu dosen ahli bahasa, satu dosen ahli media, dan lima orang peserta didik. Dikarenakan adanya covid-19 maka tahap uji coba produk hanya sampai pada tahap one to one dengan lima peserta didik kelas V di SDN Karet 01 Pagi Karet Belakang Setiabudi Jakarta Selatan. Hasil uji coba pengembangan buku panduan kayang kelas IV-VI sekolah dasar kepada para ahli diperoleh rata�rata 95,55% untuk ahli materi, 95,38% untuk ahli bahasa, dan 97,27 untuk ahli media. Hasil uji coba peserta didik diperoleh skor 89,99% untuk tahap one to one. Berdasarkan data tersebut buku panduan kayang ini masuk kedalam kategori “sangat baik” sehingga layak unutk digunakan dalam pembelajaran PJOK materi kayang dikelas IV-VI sekolah dasar. Buku ini dapat bermanfaat bagi peserta didik sebagai salah satu sumber belajar dalam menguasai teknik kayang. **************** This development research aims to produce a product in the form of a manual book for grades IV-VI elementary school. The development of this guidebook uses the Borg & Gall development model, namely data collection, product design and development, product validation, product testing and data processing. The data collection technique used is observation. The responses from this development included one material expert lecturer, one linguist lecturer, one media expert lecturer, and five students. Due to COVID-19, the product trial stage only reached the one to one stage with five fifth grade students at SDN Karet 01 Pagi Karet Setiabudi, South Jakarta. The results of the trial for developing a guidebook for grades IV-VI elementary school to experts obtained an average of 95.55% for material experts, 95.38% for linguists, and 97.27 for media experts. The results of the student trial obtained a score of 89.99% for the one to one stage. Based on these data, this Kayang guide book is included in the "very good" category so that it is suitable for use in learning PJOK for Kayang material in grades IV-VI of elementary school. This book can be useful for students as a source of learning in mastering the Kayang technique.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Adi Putra, M. Pd. 2). Uswatun Hasanah, M. Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14306 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2022 05:18
Last Modified: 15 Mar 2022 05:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24514

Actions (login required)

View Item View Item