EVALUASI TERHADAP PEMBELAJARAN FIQH DI MADRASAH ALIYAH SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH ATTAHIRIYAH)

ISLAHUDDIN AKBAR, . (2022) EVALUASI TERHADAP PEMBELAJARAN FIQH DI MADRASAH ALIYAH SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH ATTAHIRIYAH). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi pembelajaran adalah salah satu aspek terpenting dalam kegiatan proses belajar mengajar untuk melihat peserta didik dalam membentuk sebuah kemampuan yang diajarkan materi atau pelajaran dari tenaga pendidik dan akan melihat bagaimana keberlangsungan proses serta hasil pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, evaluasi pembelajaran harus dapat diterapkan dan dilaksanakan guna mengetahui perubahan serta perkembangan peserta didik sekaligus menjadi acuan untuk melihat sejauh mana pembelajaran tersebut berproses. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Evaluasi Pembelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah yang terdiri dari bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan, hingga hasil pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan melakukan pengkajian terkait pembahasan mengenai evaluasi pembelajaran jarak jauh di madrasah aliyah selama pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara tatap muka, observasi, dan dokumentasi.. Objek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fiqh dan peserta didik kelas 10. Hasil penelitian ini adalah pada bagian perencanaan terdapat beberapa perubahan dalam pembuatan RPP dari yang sebelumnya tatap muka menjadi RPP pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan tujuan, metode, serta teknik yang berbeda dari guru kepada peserta didik. Pada bagian proses pelaksanaan terdapat kekhususan dalam proses penilaian dilihat dari aspek afektif yang berfokus kepada adab dan sopan santun dari peserta didik kepada guru. Semua perubahan tersebut disebabkan karena perbedaan tata cara mengajar tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh yang hanya mengandalkan media pembelajaran. Dalam hal ini guru tidak memiliki ekspetasi tinggi atau mengharapkan lebih dalam penilaian, dikarenakan untuk memahami sebuah materi saja, peserta didik ada yang masih atau bahkan belum memahami materi pelajaran yang diajarkan. Harus ada remedial atau pengulangan untuk meningkatkan pemahaman serta meningkatkan penilaian. Memang dalam proses pembelajaran tersebut masih banyak kendala yang dialami oleh guru dan peserta didik yang berakibat kurangnya efektivitas dalam proses pembelajaran. Faktor-faktor yang terjadi pada peserta didik antara lain belum dapat menggunakan dengan maksimal media pembelajaran seperti Google Classroom, alat komunikasi tidak menunjang media pembelajaran tersebut, dan faktor yang lainnya. Dari semua hal yang terjadi selama proses pembelajaran hingga pada evaluasi pembelajaran membutuhkan tindak lanjut hasil yang bukan dari guru ataupun peserta didik, melainkan seluruh elemen yang terlibat dalam kegiatan proses belajar mengajar seperti guru mata pelajaran lain, wali kelas, wakil kurikulum hingga kepala sekolah. Dari tindak lanjut hasil tersebut sebagai bahan acuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran yang ada hingga benar-benar terselesaikan dengan baik. Kata Kunci : Evaluasi, Pembelajaran Jarak Jauh, Mata Pelajaran Fiqh **************************** Learning evaluation is one of the most important aspects in the teaching and learning process activities to see learners in forming an ability taught material or lessons from educators and will see how the continuity of the process and learning outcomes take place. Therefore, the evaluation of learning must be applicable and implemented to know the changes and developments of learners as well as a reference to see the extent to which the learning is processed. This research aims to describe and analyze the Evaluation of Fiqh Learning in Madrasah Aliyah which consists of how to plan, implement the process, to the results of learning. This study uses descriptive qualitative methods by conducting assessments related to discussions on the evaluation of distance learning in madrasah aliyah during the Covid-19 pandemic. Data collection techniques through face-to-face interviews, observations, and documentation. The objects in the study were Fiqh subject teachers and 10th grade learners. The results of this study are in the planning section there are several changes in the creation of RPP from previously face-to-face to RPP distance learning using different goals, methods, and techniques from teachers to learners. In the implementation process there is a specificity in the assessment process seen from the affective aspect that focuses on adab and manners from learners to teachers. All these changes are due to differences in face-to-face teaching procedures with distance learning that only relies on learning media. In this case the teacher does not have high expectations or expect more in assessment, because to understand a material only, there are students who still or even do not understand the subject matter taught. There should be remedial or repetition to improve understanding as well as improve judgment. Indeed, in the learning process there are still many obstacles experienced by teachers and learners that result in a lack of effectiveness in the learning process. Factors that occur in learners, among others, have not been able to use the maximum learning media such as Google Classroom, communication tools do not support the learning media, and other factors. Of all things that occur during the learning process to the evaluation of learning requires follow-up results that are not from teachers or learners, but all elements involved in teaching and learning process activities such as teachers of other subjects, classroom guardians, curriculum representatives to principals. From the follow-up of these results as a reference material to improve the existing learning system until it is completely resolved properly. Keywords: Evaluation, Distance Learning, Fiqh Subjects

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Izzatul Mardhiah, MA. ; 2). Yusuf Ismail, M.Ag.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 14427 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:48
Last Modified: 16 Mar 2022 04:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24524

Actions (login required)

View Item View Item