KHAIRUN NISWAH, . (2022) KONSEP DIRI DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: ANALISIS ISI BUKU KELAS V SD/MI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (645kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (557kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (914kB) | Request a copy |
Abstract
Buku PAI memiliki kontribusi penting untuk mengembangkan konsep diri. Namun pada realitasnya, konsep diri selama ini tidak berhasil dijelaskan secara tuntas oleh Buku PAI. Khususnya buku PAI untuk anak-anak pada usia kelas V SD yang mulai mengerti cara berinteraksi, memiliki lingkungan baru dalam pertemanan sebaya dan belum terlepas dari lingkungan keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan konsep diri dalam aspek fisiologis, psikologis, psik-ososiologis, psiko-spiritual dan psiko-etika moral terdapat dalam buku PAI anak kelas V SD/MI. Metodelogi penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasilnya, dalam buku PAI yang diterbitkan oleh beberapa penerbit, buku PAI kelas V sudah mengandung muatan pengajaran lima aspek tersebut tentang pembentukan konsep diri. Namun setiap buku memiliki penekanan aspek konsep diri yang berbeda. Yakni pada buku terbitan Kemendikbud lebih menekankan aspek psiko-etikamoral, buku Yudhistira pada aspek psiko-spiritual dan Erlangga pada aspek psiko-siosiologis. Sehingga diharapkan, para guru dapat menyadari poin-poin pembentukan konsep diri di dalam buku untuk mengrksplorasi lebih jauh tentang pembentukan konsep diri yang baik bagi siswa. Kata Kunci: konsep diri, psikologi, pendidikan, buku teks, buku PAI ************************** PAI books have an important contribution to developing self-concept. But in reality, self-concept has not been fully explained by PAI Book. Especially pai books for children at the age of grade V elementary school who begin to understand how to interact, have a new environment in peer friendships and have not been separated from their family environment. This research aims to describe the formation of self-concept in physiological, psychological, psychic-osophysical, psycho-spiritual and psycho-ethical moral aspects contained in the book PAI children class V elementary / MI. The research method used is a qualitative method using content analysis techniques. As a result, in PAI books published by several publishers, PAI class V books already contain the content of teaching five aspects about the formation of self-concept. But each book has a different aspect of self-concept emphasis. Namely in the book published by the Ministry of Education more emphasizes the psycho-ethical aspect, yudhistira's book on the psycho-spiritual aspect and Erlangga on the psycho-siosiological aspect. So it is expected that teachers can realize the points of self-concept formation in the book to explore further about the formation of a good self-concept for students. Keywords: self-concept, psychology, education, textbooks, PAI books
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA. ; 2). Rihlah Nur Aulia, MA. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 14417 not found. |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 05:14 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 05:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24539 |
Actions (login required)
View Item |