KONSEP DIRI DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: ANALISIS ISI BUKU KELAS V SD/MI

KHAIRUN NISWAH, . (2022) KONSEP DIRI DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: ANALISIS ISI BUKU KELAS V SD/MI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy

Abstract

Buku PAI memiliki kontribusi penting untuk mengembangkan konsep diri. Namun pada realitasnya, konsep diri selama ini tidak berhasil dijelaskan secara tuntas oleh Buku PAI. Khususnya buku PAI untuk anak-anak pada usia kelas V SD yang mulai mengerti cara berinteraksi, memiliki lingkungan baru dalam pertemanan sebaya dan belum terlepas dari lingkungan keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan konsep diri dalam aspek fisiologis, psikologis, psik-ososiologis, psiko-spiritual dan psiko-etika moral terdapat dalam buku PAI anak kelas V SD/MI. Metodelogi penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasilnya, dalam buku PAI yang diterbitkan oleh beberapa penerbit, buku PAI kelas V sudah mengandung muatan pengajaran lima aspek tersebut tentang pembentukan konsep diri. Namun setiap buku memiliki penekanan aspek konsep diri yang berbeda. Yakni pada buku terbitan Kemendikbud lebih menekankan aspek psiko-etikamoral, buku Yudhistira pada aspek psiko-spiritual dan Erlangga pada aspek psiko-siosiologis. Sehingga diharapkan, para guru dapat menyadari poin-poin pembentukan konsep diri di dalam buku untuk mengrksplorasi lebih jauh tentang pembentukan konsep diri yang baik bagi siswa. Kata Kunci: konsep diri, psikologi, pendidikan, buku teks, buku PAI ************************** PAI books have an important contribution to developing self-concept. But in reality, self-concept has not been fully explained by PAI Book. Especially pai books for children at the age of grade V elementary school who begin to understand how to interact, have a new environment in peer friendships and have not been separated from their family environment. This research aims to describe the formation of self-concept in physiological, psychological, psychic-osophysical, psycho-spiritual and psycho-ethical moral aspects contained in the book PAI children class V elementary / MI. The research method used is a qualitative method using content analysis techniques. As a result, in PAI books published by several publishers, PAI class V books already contain the content of teaching five aspects about the formation of self-concept. But each book has a different aspect of self-concept emphasis. Namely in the book published by the Ministry of Education more emphasizes the psycho-ethical aspect, yudhistira's book on the psycho-spiritual aspect and Erlangga on the psycho-siosiological aspect. So it is expected that teachers can realize the points of self-concept formation in the book to explore further about the formation of a good self-concept for students. Keywords: self-concept, psychology, education, textbooks, PAI books

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA. ; 2). Rihlah Nur Aulia, MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 14417 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:14
Last Modified: 16 Mar 2022 05:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24539

Actions (login required)

View Item View Item