PEMEROLEHAN KOSAKATA PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB TUNARUNGU SANTI RAMA (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)

REGINA DIAN ANANTA, . (2022) PEMEROLEHAN KOSAKATA PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB TUNARUNGU SANTI RAMA (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan kosakata pada anak tunarungu di SLB Tunarungu Santi Rama kajian psikolinguistik. Fokus penelitian ini adalah pemerolehan kosakata pada anak tunarungu. Anak tunarungu di SLB Tunarungu Santi Rama memiliki kesulitan terutama memahami kata – kata dan penulisannya. Kendala yang dihadapi yaitu anak masih sangat kurang dalam menguasai kosakata, hal itu terlihat ketika menjawab anak terlihat kesulitan. Siswa masih bermain sendiri dan mengobrol dengan teman yang lain ketika dalam proses pembelajaran berlangsung. Siswa yang menjadi objek penelitian mengalami ketunarunguan sejak lahir dan di diagnosa tuli total. Namun, secara fisik siswa bertumbuh dengan sangat baik dengan perekonomian dalam keluarga yang tergolong cukup mampu. Para siswa pun juga menggunakan ABM sebagai alat bantu dengar, sehingga siswa mampu melakukan interaksi/komunikasi dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh kemampuan pemerolehan kosakata dari kedua objek sudah berkembang seperti halnya sudah bisa meniru ucapan baca gerak bibir, bisa membaca ujaran, bisa menulis dan sebagainya namun hasilnya kurang maksimal, karena masalahnya pada tingkat ukuran anak tunarungu, mereka kurang bisa ekspresif secara spontan, mereka hanya bisa menggunakan bahasa sehari-hari yang berdasarkan pengalaman yang pernah dialaminya saja sehingga terbatas kosakata yang dimiliki. Hasi dari penelitian ini dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia khususnya bagi anak tunarungu yang sedang meningkatkan pemerolehan kosakatanya. Dengan penelitian ini dapat mengetahui seberapa banyak pembendahaan kosakata yang dimiliki anak tunarungu, serta penelitian ini dapat dijadikan pembelajaran dalam psikolinguistik sehingga dapat menambah ilmu dalam pembelajaran, serta pelengkap ketika mempelajari psikolinguistik. Kata Kunci: psikolinguistik, pemerolehan kosakata, tunarungu This study aims to determine vocabulary acquisition in deaf children at SLB Deaf Santi Rama psycholinguistic studies. The focus of this research is the acquisition of vocabulary in deaf children. The method used in this study is a qualitative descriptive method. The results obtained that the vocabulary acquisition abilities of the two objects have developed as well as being able to imitate lip reading speech, being able to read speech, being able to write and so on but the results are not optimal, because the problem is at the size level of deaf children, they are less able to express themselves spontaneously, they can only use everyday language based on experience that has been experienced so that the vocabulary they have is limited. The results of this study can be used for learning Indonesian, especially for deaf children who are improving their vocabulary acquisition. With this research, it is possible to find out how much vocabulary vocabulary deaf children have, and this research can be used as learning in psycholinguistics so that it can add knowledge in learning, as well as complement when studying psycholinguistics. Keywords: psycholinguistics, vocabulary acquisition, deaf

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Liliana Muliastuti, M. Pd. 2). Nur Sekhudin, S.Pd., M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 13569 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:02
Last Modified: 16 Mar 2022 05:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24599

Actions (login required)

View Item View Item