PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENATAAN SANGGUL KREATIF PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 3 BOGOR

SHELLIA ANDITA DARMA, . (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENATAAN SANGGUL KREATIF PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 3 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penataan Sanggul Kreatif dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Bogor pada siswa kelas XII Tata Kecantikan Rambut dengan jumlah siswa 25. Alokasi waktu pada masing-masing siklus adalah 4 x 45 menit dilaksanakan pada hari rabu tanggal 28 Oktober dan 4 November 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, pengamatan (observasi), wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E pada pelajaaran Penataan Sanggul Kreatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 3 Bogor. Perolehan nilai rata-rata kelas meningkat dari pretest sampai dengan post test siklus II, yaitu yang mencapai nilai KKM praktik pada pretest ada 9 siswa, pada post test siklus I meningkat menjadi 16 siswa, dan post test siklus II semua siswa sudah mencapai nilai KKM. Sedangkan yang mencapai nilai KKM tertulis, pada pretest ada 10 siswa meningkat pada post test siklus I menjadi 17 dan pada post test siklus II semua siswa sudah mencapai nilai KKM. Nilai rata-rata akhir test praktik dan tes tertulis dari pretest sampai post test siklus II mengalami peningkatan yaitu pretest 72,3 Post test siklus I 77,7 dan Post siklus II 84,4.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lilies Yulastri, M.Pd ; 2). Dr. Dwi Atmanto, M.Si
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Dec 2019 11:50
Last Modified: 23 Dec 2019 11:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item