PELAKSANAAN PENGEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISME DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Deskriptif di SD Nasional I Bekasi)

FADHILAH ALIYA, . (2022) PELAKSANAAN PENGEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISME DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Deskriptif di SD Nasional I Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (553kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan interaksi sosial anak autisme di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi hal yang terjadi selama penelitian berlangsung. Cara mengembangkan interaksi sosial anak autisme adalah dengan membiasakan siswa untuk menyapa guru, teman, ataupun warga sekolah. Kemudian adanya pusat terapi sendiri di sekolah, ada nya target belajar siswa autisme yang mengharuskan siswa untuk berbicara dan berinteraksi dengan guru ataupun teman kelasnya. Lalu adanya program sekolah untuk seluruh siswa sekolah bukan hanya siswa autisme atau inklusi yaitu Outdoor Learning yang membuat siswa untuk melakukan kegiatan secara berkelompok termasuk saat waktu makan, hal ini membantu pengembangan interaksi sosial baik siswa autisme ataupun siswa diluar inklusi karena mengharuskan seluruh siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi selama program ini. Guru dan LSA dapat mengajarkan siswa autisme untuk meningkatkan baik kemampuan berinteraksi sosial ataupun kemampuan akademik sesuai dengan harapan dan tujuan awal atau target awal siswa autisme ini memasuki program inklusi. This study aim to find out implementation of the development of social interaction for children with autism in inclusive education schools. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. This study conducted observations, interviews, and documentation of things that happened during the research. One of the ways to develop social interactions for children with autism is to familiarize students with greeting teachers, friends, or other people around him. Then the school own their own therapy center, there are learning targets for autism students that require students to talk and interact with teachers or classmates. Then there is a school program for all school students, not just students with autism or inclusion, it’s Outdoor Learning which makes students to do activities in groups including at mealtimes, this helps the development of social interaction both students with autism and students outside of inclusion because it requires all students to communicate and interact during this program. Teachers and LSAs can teach students with autism to improve both social interaction skills and academic abilities in accordance with the initial expectations and goals or the initial target of this autism student entering the provided inclusion program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd ; 2). Dr. Indra Jaya, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14459 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:27
Last Modified: 18 Mar 2022 02:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24698

Actions (login required)

View Item View Item