PENGARUH CITRA DESTINASI, NORMA SUBYEKTIF, DAN SIKAP TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI KEMBALI KAWASAN KOTA TUA DI JAKARTA

MEGA RUSMARDIANA, . (2017) PENGARUH CITRA DESTINASI, NORMA SUBYEKTIF, DAN SIKAP TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI KEMBALI KAWASAN KOTA TUA DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MEGA RUSMARDIANA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel citra destinasi terhadap niat mengunjungi kembali kota tua Jakarta, pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel norma subyektif terhadap niat mengunjungi kembali kota tua Jakarta, pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel sikap terhadap niat mengunjungi kembali kota tua Jakarta pada wisatawan yang sudah pernah mengunjungi kota tua Jakarta sebelumnya selama delapan bulan terhitung sejak November 2016 sampai dengan Juli 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik convenience dengan jumlah responden sebanyak 240 orang wisatawan. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 30,161 + 0,668X1 untuk variabel citra destinasi, Ŷ = 35,389 + 0,625X2 untuk variabel norma subyektif, Ŷ = 31,873 + 0,668X3 untuk variabel sikap. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dengan hasil pengujian dapat diketahui nilai Asymp. Sig citra destinasi terhadap niat mengunjungi kembali (X1) sebesar 0,490, nilai Asymp. Sig norma subyektif terhadap niat mengunjungi kembali sebesar 0,668 dan nilai Asymp. Sig. sikap terhadap niat mengunjungi kembali sebesar 0,298. Karena data mempunyai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka data tersebut disimpulkan berdistribusi normal. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa tidak terjadi masalah multikoliniearitas dan heteroskedastisitas, sehingga dapat dikatakan bahwa persamaan regresi yang baik dan ideal dapat terpenuhi. Selanjutnya dilakukan uji t dan dihasilkan thitung 12,779 > ttabel 1,96 untuk citra destinasi (X1), 14,669 > ttabel 1,96 untuk norma subyektif (X2), dan 15,985> ttabel 1,96 untuk sikap (X3). Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil perhitungan uji t tersebut adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 40,7% untuk citra destinasi, 47,6% untuk norma subyektif dan 51,8% untuk variabel sikap, hal ini menunjukan variabel niat mengunjungi kembali kota tua Jakarta ditentukan oleh citra destinasi, norma subyektif dan sikap sebesar nilai persentase koefisien determinasi yang telah disebutkan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa variabel yang mempengaruhi niat mengunjungi kembali kota tua Jakarta adalah citra destinasi, norma subyektif dan sikap. This study was conducted with the aim to know whether there is a positive and significant influence between destination image variables on the intention to revisit the old city of Jakarta, a positive and significant influence between the subjective norm variable on the intention to revisit the old city of Jakarta, a positive and significant influence between variables Attitude towards the intention of revisiting old city Jakarta to tourists who have been to old city of Jakarta before for eight months since November 2016 until July 2017. The method used in this research is survey method with quantitative approach. The sampling technique used is the convenience technique with the number of respondents as many as 240 tourists. The resulting regression equation is Ŷ = 30,161 + 0,668X1 for destination image variable, Ŷ = 35,389 + 0,625X2 for subjective norm variable, Ŷ = 31,873 + 0,668X3 for attitude variable. Test requirement analysis that is normality test by using Kolmogorov Smirnov test with test result can be known Asymp value. Sig the image of the destination against the intention of revisit (X1) of 0.490, the value of Asymp. Sig norm subjectively to the intention of revisiting of 0.668 and the value of Asymp. Sig. Attitude towards re-visit intention of 0.298. Because the data has a significance greater than 0.05 then the data is inferred normal distribution. The classical assumption test using multicollinearity test and heteroscedasticity test showed that there was no problem of multicollinearity and heteroscedasticity, so it can be said that a good and ideal regression equation can be fulfilled. The t test is then generated tcount 12,779> ttable 1,96 for destination image (X1), 14,669> ttable 1,96 for subjective norm (X2), and 15,985> ttabel 1,96 for attitude (X3). Thus, it can be concluded that the result of t test is positive and significant. Coefficient of determination obtained for 40.7% for the image of the destination, 47.6% for the subjective norm and 51.8% for attitude variables, it shows the variable intention to revisit the old city of Jakarta is determined by the image of the destination, subjective norms and attitudes of value The percentage coefficient of determination mentioned. Therefore it can be concluded that the variables affecting the intention of revisiting the old city of Jakarta are the image of the destination, subjective norms and attitudes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Usep Suhud, Ph.D 2) Dra. Rohyati, MPd
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:10
Last Modified: 17 Mar 2022 02:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24727

Actions (login required)

View Item View Item