PENGARUH MOTIVASI, CITRA DESTINASI, DAN SENSATION-SEEKING TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI PULAU BELITUNG

MARGARETHA ESTIANA, . (2017) PENGARUH MOTIVASI, CITRA DESTINASI, DAN SENSATION-SEEKING TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI PULAU BELITUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Margaretha Estiana 8135134126.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel motivasi terhadap niat mengunjungi Pulau Belitung, pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel citra destinasi terhadap niat mengunjungi Pulau Belitung, pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel sensation-seeking terhadap niat mengunjungi Pulau Belitung pada karyawan yang bekerja di sekitaran wilayah Jend. Sudirman, Gatot Subroto, MH. Thamrin, dan Rasuna Said selama delapan bulan terhitung sejak November 2016 sampai dengan Juli 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive dengan jumlah responden sebanyak 240 orang karyawan. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 36,732 + 0.753X1 untuk variabel motivasi, Ŷ = 52,298 + 0.461X2 untuk variabel citra destinasi, Ŷ = 50,841 + 0.556X3 untuk variabel sensation-seeking. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dengan hasil pengujian dapat diketahui nilai Asymp. Sig niat mengunjungi Pulau Belitung (Y) sebesar 0,109, nilai Asymp. Sig motivasi (X1) sebesar 0,165, nilai Asymp. Sig citra destinasi sebesar 0,188 dan nilai Asymp. Sig. sensation-seeking sebesar 0,232. Karena data mempunyai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka data tersebut disimpulkan berdistribusi normal. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa tidak terjadi masalah multikoliniearitas dan heteroskedastisitas, sehingga dapat dikatakan bahwa persamaan regresi yang baik dan ideal dapat terpenuhi. Selanjutnya dilakukan uji t dan dihasilkan thitung 12,970 > ttabel 1,96 untuk motivasi (X1), 10,195 > ttabel 1,96 untuk citra destinasi (X2), dan 10,295 > ttabel 1,96 untuk sensation-seeking (X3). Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil perhitungan uji t tersebut terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel motivasi, citra destinasi dan sensation-seeking terhadap niat mengunjungi Pulau Belitung. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 41,4% untuk motivasi, 30,4% untuk citra destinasi dan 30,8% untuk variabel sensation-seeking, hal ini menunjukan variabel niat mengunjungi Pulau Belitung ditentukan oleh motivasi, citra destinasi dan sensation-seeking sebesar nilai persentase koefisien determinasi yang telah disebutkan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa variabel yang mempengaruhi niat mengunjungi Pulau Belitung adalah motivasi, citra destinasi, dan sensation-seeking. The purpose of this study is to determine the effect of motivation, destination image and sensation-seeking on the intention to visit Belitung Island partially, on employees who work around Jend. Sudirman, Gatot Subroto, MH. Thamrin, and Rasuna Said for eight months from November 2016 to July 2017.The research method used survey method with quantitative approach, with purposive sampling as many as 240 employees. The results of the study have shown that motivation, destination image and sensation-seeking variables significantly influence on the intention to visit Belitung Island, with regression equation Ŷ = 36,732 + 0.753X1 for the motivation variable, Ŷ = 52,298 + 0.461X2 for the destination image variable, Ŷ = 50,841 + 0.556X3 for the sensation-seeking variable. Testing analysis by Kolmogorov Smirnov test with the test results can be known Asymp value. Sig intention on Belitung Island (Y) is 0.109, Asymp value. Sig motivation (X1) of 0.165, Asymp value. Sig destination image (X2) of 0.188 and Asymp value. Sig. sensation-seeking (X3) of 0.232. The result has a significance greater than 0.05 then the data is inferred normal distribution. Classic test using multicollinearity test and heteroscedasticity test showed no multicollinearity and heteroscedasticity problem, so it can be classified as a good and ideal regression equation. Then t test and tcount 12,970> ttable 1,96 for motivation (X1), 10,195 > ttable 1,96 for destination image (X2), and 10, 295 > ttable 1,96 for sensation-seeking (X3). Thus, it can be concluded the result of t test calculation there is a positive and significant effect between motivation, destination image and sensation-seeking towards the intention to visit Belitung Island. The coefficient of determination increased by 41,4% for motivation, 30,4% for destination image and 30,8% for sensation seeking, it shows that Belitung Island affection variable is determined by motivation, destination image and sensation seeking on things that have been determined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Usep Suhud, Ph.D 2) Dr. Corry Yohana, MM,
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:20
Last Modified: 17 Mar 2022 03:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24755

Actions (login required)

View Item View Item