PENGGUNAAN MEDIA PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SISWA AUTISME

JUMEROH, . (2022) PENGGUNAAN MEDIA PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SISWA AUTISME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (825kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (728kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media playdough terhadap kemampuan motorik halus siswa autisme. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa autisme kelas IV SDN Jatinegara Kaum 14 Pagi. Metode yang digunakan adalah metode SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kinerja dan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media playdough berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan motorik halus siswa autisme. Peningkatan kemampuan motorik halus siswa terjadi karena motivasi belajar dari siswa autisme itu sendiri dibantu dengan penggunaan media playdough dan bimbingan dari peneliti, peningkatan kemampuan motorik halus ditunjukkan dengan garis kecenderungan arah yang menaik (meningkat), sehingga media playdough dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus. The purpose of this study is to know whether or not the use of playdough of media will affect the student's delicate motor skills of autism. The subject of this study is student autism class IV SDN Jatinegara Kaum 14 Pagi . The method used is the SSR method with the design a-b-a. Data collection is done using performance tests and using descriptive data analysis techniques. The results of this study indicate that the use of media playdough affects the growth of students' delicate motor skills for autism. The improvement of the student's fine motor skills comes because the motivation for learning from the student's autism it self is aided by the use of his or her media player and the guidance of researchers, an increase in fine motor skills is indicated by an ascending trend line. Playdough can be used as an alternative in improving fine motor skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Lalan Erlani, M.Ed. ; 2). Marja, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14337 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:52
Last Modified: 18 Jan 2024 02:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24788

Actions (login required)

View Item View Item