PENGARUH PENGGUNAAN BALKON (BALOK KONSENTRASI) SEBAGAI POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP KONSENTRASI PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME (Single Subject Reaserch Peserta Didik dengan Autisme di SLB Negeri 02 Jakarta)

Khairunnisa, . (2018) PENGARUH PENGGUNAAN BALKON (BALOK KONSENTRASI) SEBAGAI POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP KONSENTRASI PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME (Single Subject Reaserch Peserta Didik dengan Autisme di SLB Negeri 02 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (416kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (328kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (496kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (377kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf

Download (344kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf

Download (99kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (701kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari balkon (balok konsentrasi) sebagai positive reinforcement terhadap peningkatan kemampuan konsentrasi pada peserta didik dengan autisme kelas VIII di SLBN 02 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah single subject research dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar pedoman observasi dengan menghitung jumlah kejadian perilaku (frekuensi). Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan jumlah kejadian perilaku teralihkan perhatian pada peserta didik dengan autisme dari kondisi baseline awal hingga baseline ke-2. Pada baseline pertama jumlah rata-rata kejadian perilaku teralihkan perhatian mencapai 46 kejadian, pada tahap intervensi 23 kejadian, dan pada baseline ke-2 16 kejadian. Dengan menurunnya frekuensi perilaku teralihkan perhatian, maka kemampuan konsentrasi peserta didik dapat dikatakan mengalami peningkatan. Hasil ini menunjukkan bahwa prosedur positive reinforcement dengan aktivitas bermain balkon (balok konsentrasi) sebagai pengukuh memiliki pengaruh yang cukup baik terhadap peningkatan konsentrasi peserta didik dengan autisme. Oleh sebab itu, penggunaan balkon (balok konsentrasi) sebagai positive reinforcement dapat digunakan sebagai salah satu pengukuh selain penggunaan pujian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Leliana Lianty, M. Pd 2) Riana Bagaskorowati, Ph. D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Dec 2019 15:12
Last Modified: 23 Dec 2019 15:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2481

Actions (login required)

View Item View Item