UTIK SURTIKA D, . (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI KABUPATEN KARAWANG. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1.pdf Download (647kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5..docxB.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf Download (689kB) |
|
Text
COVER REPOSITORY PERBAIKAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN 1-dikompresi.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini meneliti pengaruh kepemimpinan kepala sekolah budaya kerja dan motivasi terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kabupaten Karawang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar di Kabupaten Karawang yang berjumlah 8.813 orang dari 926 sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah multistage ramdom sampling. Sampel penelitiannya adalah 399 guru sekolah dasar di kabupaten Karawang. Hasil penelitian menunjukkan: 1).Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,677 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,343. 2).Terdapat pengaruh langsung positif budaya kerja terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,710 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,378. 3).Terdapat pengaruh langsung positif motivasi terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,682 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,302. 4) Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,502 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,310. 5) Terdapat pengaruh langsung positif budaya kerja dan motivasi terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,548 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,378. 6).Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,483 dan nilai koefisien jalur sebesar 11,007 7).Terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan terhadap kinerja guru melalui motivasi dengan Koefisien jalur (mediasi) pengaruh tidak langsung X1 terhadap Y melalui X3 sebesar 0,094 dengan nilai z (Sobel Test) sebesar 5,409. 8).Terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan (X1) terhadap kinerja guru (Y) melalui budaya kerja (X2) dengan hasil Koefisien jalur (mediasi) pengaruh tidak langsung X1 terhadap Y melalui X2 sebesar 0,183 dengan nilai z (Sobel Test) sebesar 7,861 .9). Terdapat pengaruh tidak langsung budaya kerja terhadap kinerja guru melalui motivasi. Koefisien jalur (mediasi) pengaruh tidak langsung X2 terhadap Y melalui X3 sebesar 0,121, dengan nilai z (Sobel Test) sebesar 6,212. Disarankan kepada guru sekolah dasar di Kabupaten Karawang agar dalam meningkatkan kinerja guru dapat memperhatikan variabel kepemimpina kepala sekolah, budaya kerja dan motivasi yang baik, karena diyakini sebagai faktor yang dapat mendorong terciptanya kinerja guru yang baik. * This study aims to discuss the influence of the principal's leadership, work culture and motivation on the performance of public elementary school teachers in Karawang Regency.The population in this study were all elementary school teachers in Karawang. There were 8,813 teachers from 926 schools. The research method is carried out through a quantitative approach using (path analysis.) . The research sample was 399 elementary school teachers in Karawang Regency. The results of the study showed 1). There is a direct positive influence of principal's leadership on teacher performance with a correlation coefficient value of 0.677 and a path coefficient value of 0.343. 2). There is a positive direct influence of work culture on teacher performance with a correlation coefficient value of 0.710 and a path coefficient value of 0.378. 3). There is a positive direct effect of motivation on teacher performance with a correlation coefficient value of 0.682 and a path coefficient value of 0.302. 4) There is a direct positive effect of principal's leadership and motivation on teacher performance with a correlation coefficient value of 0.502 and a path coefficient value of 0.310.5) There is a positive direct influence of work culture and motivation on teacher performance with a correlation coefficient value of 0.548 and a path coefficient value of 0.378. 6). There is a direct positive influence of principal leadership and work culture on teacher performance with a correlation coefficient value of 0.483 and a path coefficient value of 0.483. 7). There is an indirect influence of leadership on teacher performance through motivation with a path coefficient (mediation) indirect effect of X1 on Y through X3 of 0.094 with a z value (Sobel Test) of 5.409. 8). There is an indirect influence of leadership (X1) on teacher performance (Y) through work culture (X2) with the results of the path coefficient (mediation) of the indirect effect of X1 on Y through X2 of 0.183 with a z value (Sobel Test) of 7.861. 9). There is an indirect influence of work culture on teacher performance through motivation. The path coefficient (mediation) of the indirect effect of X2 on Y through X3 is 0.121, with a z-value (Sobel Test) of 6.212..It is recommended to elementary school teachers in Karawang Regency that in improving teacher performance they notice the variables of the principal's leadership, work culture and good motivation, because it is believed as a factor that can create good teacher performance.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. ; 2). Dr. Nurhattati Fuad, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 13745 not found. |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 03:20 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 01:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24876 |
Actions (login required)
View Item |