PENERAPAN VISUAL MERCHANDISING DI LABORATORIUM PUB (Pengelolaan Usaha Busana) UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SYIFA NURFAZRIA, . (2016) PENERAPAN VISUAL MERCHANDISING DI LABORATORIUM PUB (Pengelolaan Usaha Busana) UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SYIFA NURFAZRIA_5525102778.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ARTIKEL SYIFA NURFAZRIA_5525102778.pdf

Download (523kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada penerapan visual merchandising di laboratorium PUB yang belum berjalan dengan baik. Hal ini mungkin terjadi karena, mahasiswa/mahasiswi sebelumnya yang melakukan praktik di laboratorium PUB tidak mendapatkan mata kuliah visual merchandising, sehingga mungkin tidak mendapatkan wawasan tentang pentingnya visual merchandising dalam sebuah toko busana. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui penerapan visual merchandising di laboratorium PUB yang dilakukan oleh mahasiswa/mahasiswi Program Studi D3 Tata Busana Angkatan 2013 yang telah mendapatkan mata kuliah visual merchandising sebelum mengikuti mata kuliah Pengelolaan Usaha Busana. Penelitian ini dibatasi berdasarkan tujuh unsur visual merchandising yang telah diajarkan meliputi; warna, tekstur, pencahayaan, input sensori, informasi produk, suara dan teknologi digital (audio visual), dan layout toko (ruangan). Penelitian ini dilakukan pada laboratorium PUB, semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara kepada ahli visual merchandising, diantaranya yaitu; Stiev Ayub Joshua visual merchandiser Catwalk Kelapan Gading, Wening Tresnany visual merchandiser Metro Department Store Gandaria City, dan Cholilawati dosen visual merchandising Program Studi Tata Busana Universitas Negeri Jakarta. Hasil penelitian ini berdasarkan tujuh unsur visual merchandising, secara keseluruhan telah diterapkan oleh mahasiswa/mahasiswi, namun masih belum maksimal sepenuhnya. Mahasiswa/mahasiswi berdalih saat menerapkan visual merchandising mendapatkan kendala dana yang terbatas. Ahli visual merchandising memberikan saran untuk mahasiswa/mahasiswi agar penerapan visual merchandising selanjutnya berjalan dengan baik adalah dengan cara mengeluarkan kreativitas yang dimiliki dengan pendanaan yang seminim mungkin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Melly Prabawati, M. Pd ; 2). Esty Nurbaiti, S. Pd, M. Kes,
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Dec 2019 16:37
Last Modified: 23 Dec 2019 16:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2489

Actions (login required)

View Item View Item