PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII

MUHAMMAD NATSIR MAULANA, . (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (675kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (850kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik mata pelajaran matematika, menguji kelayakan modul elektronik yang dikembangkan untuk digunakan pada mata pelajaran matematika, dan menguji efektivitas modul elektronik yang dikembangkan untuk mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Reseacrh and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Namun peneliti hanya sampai pada tahap ke tujuh yaitu revisi produk sesuai yang telah dimodifikasi oleh Cunningham. Uji kelayakan diperoleh berdasarkan penilaian dari ahli yang meliputi ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran, uji coba kelayakan dilakukan juga untuk mendapatkan saran dan kritik dari ahli untuk perbaikan modul yang dikembangkan. Uji efektifitas dilakukan pada saat uji coba terbatas dari hasil one group pretest-posttest dengan analisis menggunakan rumus N-gain. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa modul elektronik yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan dengan nilai rata-rata 90,39%. Dengan demikian modul elektronik oleh para ahli dikatakan “sangat layak” untuk digunakan oleh peserta didik. Sedangkan Hasil dari uji efektivitas menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta didik sebelum menggunakan modul elektronik adalah 48,75 dan setelah menggunakan modul elektronik adalah 79,06. Jika dilihat hasil nilai pretest dan posttest peserta didik, maka terlihat perbedaan dan terdapat peningkatan nilai rerata hasil belajar sebesar 30,31. Berdasarkan analisis N-gain hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai 0,61 atau dalam persen adalah 61% dengan kategori cukup efektif yang artinya pembelajaran menggunakan modul elektronik mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Matematika, Modul Elektronik, Pengembangan *********** ABSTRACT This study aims to produce an electronic module for mathematics subjects, test the feasibility of an electronic module developed for use in mathematics, and test the effectiveness of an electronic module developed for mathematics. The method used in this research is the Research and Development (R&D) method. This research uses the Borg and Gall development model. However, the researcher only reached the seventh stage, namely the product revision that had been carried out by Cunningham. The feasibility test was obtained based on the assessment of experts including material experts, media experts, and learning design experts, feasibility trials were also carried out to get suggestions and criticism from experts for the improvement of the developed modules. The effectiveness test was carried out during a limited trial from the results of one group pretest-posttest with analysis using the N-gain formula. The feasibility test results show that the developed electronic module has a feasibility level with an average value of 90.39%. Thus the electronic module by experts is said to be "very feasible" for use by students. While the results of the effectiveness test showed that the average score of students before using the electronic module was 48.75 and after using the electronic module was 79.06. If you look at the results of the students' pretest and posttest scores, there is a difference and there is an increase in the average value of learning outcomes by 30.31. Based on the N-gain analysis of student learning outcomes, the value of 0.61 or in percent is 61% with a fairly effective category, which means that learning using electronic modules can improve student learning outcomes. Keywords: Development, Electronic Modul, Mathematics

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Suyitno Muslim, M.Pd. ; 2). Dr. Mochamad Sukardjo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 14482 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2022 04:02
Last Modified: 21 Mar 2022 04:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24895

Actions (login required)

View Item View Item