IRLAN OKTAVIANI, . (2022) PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL QUESTIONS TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN PULO GADUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (615kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (557kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model active learning tipe role reversal questions terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen metode pre-experimental design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas IVC sebagai kelas eksperimen dan IVA sebagai kelas replikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk multiple choice. Data yang dikumpulkan berupa nilai hasil belajar PPKn yang dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dapat diketahui perolehan nilai thitung>ttabel, dimana kelas eksperimen sebesar 7,920 > 2,110 dan kelas replikasi sebesar 8,193 > 2,093, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model active learning tipe role reversal questions berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn Kelas IV SD Se-Kecamatan Pulo Gadung. Implikasi penelitian ini yaitu memberikan masukan bagi kepala sekolah tersebut dengan menentukan kebijakan berupa penerapan model pembelajaran yang menarik, kreatif dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar dalam pelaksanaan pembelajaran. * This experiment research aims to discover the impact of active learning type role reversal question to student learning otcomes in PPKN learning grade IV SDN Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur. This research method used an experiment with One group pretest-posttest design. The sample of this research purposive sampling, class IVC as the experimental class and class IVA as a replication class. Data collection techniques use test measurement techniques. The instrument used a multiple choice test. The data collected in the form of PPKN learning outcomes were analyzed by t-test . Based on the calculation t-test, it can be seen that the value of tcount>ttable, experiment class gain 7,920 > 2,110 and the replication class gain 8,1930 > 2.093, then Ho is rejected and Ha is accepted. So, the application of active learning type role reversal question affects to leqrning outcomes in PPKN learning grade IV SDN Kecamatan Pulo Gadung. Implication of this research is to provide input for the school by determining policies in the form of applying an interesting, creative, and appropriate learning model to the characteristics of elementary school students in the implementation of learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Prayuningtyas Angger W., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14490 not found. |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 04:16 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 04:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24897 |
Actions (login required)
View Item |