UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW II DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 49 JAKARTA

EMERALDA HARDIYANI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW II DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP NEGERI 49 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
0. ABSTRAK.pdf

Download (20kB)
[img] Text
1. Judul, Lembar Pengesahan, Persembahan.pdf

Download (376kB)
[img] Text
0. Abstract.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2. BAB Awal.pdf

Download (45kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf

Download (555kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (151kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (25kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
10. BIODATA PENULIS.pdf

Download (45kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran Jigsaw II pada materi sistem persamaan linear dua variabel pada kelas VIII-F di SMP Ngeri 49 Jakarta. Penelitian ini menggunakan indikator kemampuan komunikasi matematis, meliputi: (1) kemampuan mengekspresikan ide-ide secara tertulis, kemudian mendemonstrasikan dan menggambarkan secara visual, (2) kemampuan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi dan struktur-struktur untuk menyajikan ide, dan menggambarkan hubungan dengan model situasi, dan (3) kemampuan memahami, mengiterpretasikan, dan mengevaluasi ide matematis baik secara tertulis maupun dalam bentuk visual lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat reflektif. Tahapan yang dilakukan, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan refleksi. Tindakan dilakukan selama tiga siklus yang terdiri dari dua pertemuan di setiap siklusnya. Analisis data dilakukan secara kuantiatif dan kualitatif. Data yang dianalisis secara kuantitatif berupa tes awal kemampuan dan tes akhir pada setiap siklus, sedangkan data yang dianalisis secara kualitatif berupa hasil wawancara, lembar observasi, catatan lapangan, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Jigsaw II dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Nilai kemampuan komunikasi matematis berada pada rentang 0,00 ≤ ̅≤ 4,00. Peningkatan yang dialami oleh SP 1 mencapai 3,33 pada siklus I, 3,33 pada siklus II, dan 4,00 pada siklus III. Peningkatan yang dialami oleh SP 2 mencapai 3,33 pada siklus I, 3,33 pada siklus II, dan 3,67 pada siklus III. Peningkatan yang dialami oleh SP 3 mencapai 3,33 pada siklus I, 3,67 dan pada siklus II, dan 4,00 pada siklus III. Peningkatan yang dialami oleh SP 4 mencapai 2,67 pada siklus I, 3,33 pada siklus II, dan 3,67 pada siklus III. Peningkatan yang dialami oleh SP 5 mencapai 2,33 pada siklus I, 3,33 pada siklus II, dan 3,33 pada siklus III. Peningkatan yang dialami oleh SP 6 mencapai 3,00 pada siklus I, 3,00 pada siklus II, dan 3,33 pada siklus III. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I mencapai 2,52 dengan 55,56% siswa mencapai kategori minimal baik. Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa mencapai 2,85 dengan 66,67% siswa mencapai kategori minimal baik. Pada siklus III nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis mencapai 3,13 dengan 77,78% siswa mencapai kategori minimal baik. This study aims to develop student’s mathematical communication capability through the implementation of Jigsaw II on the linear equation of two variables system material. Researcher used mathematical communication capability indicators, i.e.: (1) the ability to express ideas in writing, then demonstrate and illustrate visually, (2) the ability to use terms, notations, and structures to present the idea and illustrate the relation with situation model, and (3) the ability to understand, interpret, and evaluate the mathematics idea, either in writing or in other visual. This study is class action research that is reflective. The steps of research, i.e. planning, implementation, observation, and reflection. Actions carried oud during three cycles consisting of two meeting. Data were analyzed quantitatively and qualitatively. Data were analyzed quantitatively are capability pretest and final test cycle, while data wwere analyzed qualitatively are interview result, observation sheet, field notes, and documentation. Result of research shows that implementation of Jigsaw II in mathematics learning can develop student’s mathematical communication capability. Student’s score were in the range 0,00 ≤ ̅≤ 4,00. Improvement of mathematical communication capabilities that received by SP 1 reached 3,33 at first cycle, 3,33 at second cycle, and 4,00 at last cycle. Improvement of mathematical communication capabilities that received by SP 2 reached 3,33 at first cycle, 3,33 at second cycle, and 3,67 at last cycle. Improvement of mathematical communication capabilities that received by SP 3 reached 3,33 at first cycle, 3,67 at second cycle, and 4,00 at last cycle. Improvement of mathematical communication capabilities that received by SP 4 reached 2,67 at first cycle, 3,33 at second cycle, and 3,67 at last cycle. Improvement of mathematical communication capabilities that received by SP 5 reached 2,33 at first cycle, 3,33 at second cycle, and 3,33 at last cycle. Improvement of mathematical communication capabilities that received by SP 6 reached 3,00 at first cycle, 3,00 at second cycle, and 3,33 at last cycle. Average value of mathematical communication capability at first cycle reached 2,52 and 55,56% of students reached good category. Average value of mathematical communication capability at second cycle reached 2,85 and 66,67% of students reached good category. Average value of mathematical communication capability at last cycle reached 3,13 and 77,78% of students reached good category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si 2) Ria Arafiyah, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 01:47
Last Modified: 21 Mar 2022 01:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24942

Actions (login required)

View Item View Item