PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

TRISMIATIN PUTRI EKO PERTIWI, . (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.i. Judul tesis.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2.ii. abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
3.iv. Lembar Persetujuan Yudisium dan Revisi.pdf

Download (162kB)
[img] Text
4.vi. Lembar Pernyataan.pdf

Download (153kB)
[img] Text
5.vii. Kata Pengantar.pdf

Download (168kB)
[img] Text
6. ix. Daftar Isi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
8.1. BAB I.pdf

Download (34kB)
[img] Text
9.10. BAB II.pdf

Download (339kB)
[img] Text
10.49. BAB III.pdf

Download (156kB)
[img] Text
11.63. BAB IV.pdf

Download (953kB)
[img] Text
12.89. BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
13.92. Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)
[img] Text
15. Riwayat Hidup.pdf

Download (94kB)
[img] Text
14.96. Lampiran.pdf

Download (281kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Pengembangan dengan model dari Dick and Carey yang meliputi sepuluh tahapan: Analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, menganalisa pembelajar dan lingkungan, merumuskan tujuan unjuk kerja, mengembangkan intrumen atau alat tes, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, melakukan revisi pembelajaran serta merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Kedaung Kaliangke 06 Jakarta Barat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar matematika berbasis RME ini. Hal ini dapat terlihat pada nilai rata-rata pretest sebesar 50,56 dan nilai rata-rata posttest sebesar 83,60 dimana terdapat kenaikan 33,05. Keberhasilan penggunaan bahan ajar matematika berbasis RME juga di dukung oleh peran serta aktif dari siswa, kreatifitas guru, dan mengaitkan kegiatan sehari-hari sehingga dapat dijadikan media pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan KPK dan FPB.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M.Pd ; 2). Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 30 Dec 2019 12:20
Last Modified: 30 Dec 2019 12:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2498

Actions (login required)

View Item View Item