STUDI TENTANG PENERAPAN PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEM-ORIENTED DENGAN METODE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

DITA INDAH LESTARI, . (2016) STUDI TENTANG PENERAPAN PENDEKATAN SOCIO-CRITICAL DAN PROBLEM-ORIENTED DENGAN METODE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (88kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DITA_3315122093_SKRIPSI .pdf

Download (3MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pendekatan Socio-critical dan Problemoriented dengan metode Think Talk Write (TTW) terhadap soft skills siswa pada materi larutan penyangga. Pembelajaran menggunakan pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dikembangkan oleh Marks & Eilks dengan mengangkat masalah dan isu-isu sosial dalam kehidupan sehari-hari. Isu yang digunakan adalah mengenai soda kue, minuman bersoda, aspirin serta buah kaleng dan buah segar. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 77 Jakarta pada Februari 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara, reflektif jurnal siswa dan instrumen VLES (Values Learning Environment Survey)-Modified. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Quality standard yang digunakan adalah trustworthiness (kepercayaan) dengan kriteria credibility (kredibilitas) melalui prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivty dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented dengan metode Think Talk Write dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa dalam belajar kimia, membantu siswa berpikir kritis terhadap permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, siswa mampu mengemukakan pendapat, mampu bekerja sama, bertanggung jawab, percaya diri, saling menghargai pendapat teman serta mampu merefleksikan isu-isu sosial yang diberikan. Kemampuan ini merupakan soft skills yang harus dimiliki siswa. This study aims to determine the implications of Socio-critical approach and Problem-oriented methods Think Talk Write (TTW) to the soft skills of the students in the material buffer solution. Learning approach Socio-critical and problem-oriented is one instructional approach developed by Marks & Eilks by raising issues and social issues in everyday life. Issues that are used are the baking soda, soft drinks, aspirin and canned fruit and fresh fruit. This research was conducted at SMAN 77 Jakarta in February 2016. The subjects were students of class XI MIA 3. The method used in this research is qualitative method. Data collection techniques such as classroom observation, interviews, students' reflective journals and instruments VLES (Values Learning Environment Survey)-Modified. Data analysis technique used is the analysis of qualitative data. Quality standard used is the trustworthiness (confidence) with the criteria of credibility through prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivty and member checking. The results showed that the learning approach Socio-critical and problemoriented methods Think Talk Write can increase the motivation and creativity of the students in learning chemistry, help students think critically about the problems in daily life, students are able to express opinions, able to work together, responsible, self-confidence, respect the opinion of friends and be able to reflect on social issues were given. This ability is a soft skills students need to have

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Nurbaity, M.Si 2) Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Mar 2022 05:31
Last Modified: 21 Mar 2022 05:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25019

Actions (login required)

View Item View Item