PENGARUH MOTIVASI, PLACE ATTACHMENT DAN CITRA DESTINASI TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI ULANG KEBUN RAYA BOGOR

LUSI JULISTIA, . (2017) PENGARUH MOTIVASI, PLACE ATTACHMENT DAN CITRA DESTINASI TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI ULANG KEBUN RAYA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKIRPSI_LUSI_JULISTIA[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sahih dan valid, benar dan dapat dipercaya tentang seberapa besar pengaruh motivasi, place attachment dan citra destinasi terhadap niat mengunjungi ulang Kebun Raya Bogor. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan terhitung sejak Januari 2017 sampai dengan Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik convenience sampling sebanyak 240 pengunjung. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 38,916 + 0.636X1 untuk variabel motivasi, Ŷ = 38,210+ 0.647X2 untuk variabel place attachment, Ŷ = 32.881+ 0.713X3 untuk variabel citra destinasi. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dengan hasil pengujian dapat diketahui nilai Asymp. Sig niat mengunjungi ulang Kebun Raya Bogor (Y) sebesar 0,058, nilai Asymp. Sig motivasi (X1) sebesar 0,333, nilai Asymp. Sig place attachment (X2) sebesar 0,388 dan nilai Asymp. Sig. citra destinasi (X3) sebesar 0,196. Karena data mempunyai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka data tersebut disimpulkan berdistribusi normal. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa tidak terjadi masalah multikoliniearitas dan heteroskedastisitas, sehingga dapat dikatakan bahwa persamaan regresi yang baik dan ideal dapat terpenuhi. Selanjutnya dilakukan uji t dan dihasilkan thitung 11,623 > ttabel 1,96 untuk motivasi (X1), 11,681 > ttabel 1,96 untuk place attachment (X2), dan 10,974 > ttabel 1,96 untuk citra destinasi (X3). Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil perhitungan uji t tersebut adalah positif dan signifikan antara X1 ke Y, X2 ke Y, dan X3 ke Y. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 36,2% untuk motivasi, 33,6% untuk place attachment dan 36,4% untuk citra destinasi, hal ini menunjukan variabel niat mengunjungi ulang Kebun Raya Bogor ditentukan oleh motivasi, place attachment dan citra destinasi sebesar nilai koefisien determinasi yang sudah disebutkan. The study is aimed to examine a model that can predict visitor’s Bogor Botanical Garden intention to revisit by employing factors including motivation, place attachment and destination image. This research started from January until June 2017. The research method used is survey method with quantitative approach. The sampling technique used is convenience technique as many as 240 visitor Bogor Botanical Garden. The resulting regression equation intention to revisit Bogor Botanical Garden is Ŷ = 38,916 + 0.636X1 ,for the motivation variable Ŷ = 38,210+ 0.647X2 for place attachment variable, Ŷ = 32.881+ 0. 713X3 for destination image variable. Testing analysis by Kolmogorov Smirnov test with the test results can be known Asymp value. Sig intention to revisit Bogor Botanical Garden (Y) is 0,058, Asymp value. Sig motivation (X1) of 0,333, Asymp value. Sig place attachment (X2) of 0,388 and Asymp value. Sig. destination image (X3) of 0,196. Because the data has a significance greater than 0.05 then the data is inferred normal distribution. Classic cropping test using multicollinearity test and heteroscedasticity test showed no multicollinearity and heteroscedasticity problem, so it can be said that good and ideal regression equation can be fulfilled. Then t test and tcount 11,623 > ttable 1,96 for motivation (X1), 11,681 > ttable 1,96 for place attachment (X2), and 10,974 > ttable 1,96 for destination image (X3). Thus, it can be concluded that the result of t test is positive and significant between X1 to Y, X2 to Y, and X3 to Y. The coefficient of determination increased by 36,2% for motivation, 33,6% for place attachment and 36,4% for destination image, it shows that intention to revisit Bogor Botanical Garden affection variable is determined by motivation, place attachment and destination image on things that have been determined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Usep Suhud, Ph.D 2) Dra. Rohyati, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 00:58
Last Modified: 23 Mar 2022 00:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25077

Actions (login required)

View Item View Item