PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 15 JAKARTA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI TAHUN AJARAN 2016/2017

ADI SOPYAN, . (2017) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 15 JAKARTA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI TAHUN AJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ADI SOPYAN 8105133117 (PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 15 JAKARTA MATAPELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI TAHUN AJARAN 2016-2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 15 Jakarta mata pelajaran pengantar akuntansi tahun ajaran 2016/2017. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa, terdapat pengaruh antara minat baca terhadap hasil belajar siswa, dan terdapat pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar siswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi SMKN 15 Jakarta tahun ajaran 2016/2017 dan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas X bidang keahlian akuntansi yang berjumlah 137 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 100 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien regresi secara simultan , nilai Fhitung = 8,582 > Ftabel = 3,09 dengan nilai siginifikansi 0,000 dan tingkat signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. sedangkan pada hasil uji koefisien regresi secara parsial, yaitu pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa sebesar thitung = 2,135 > ttabel = 1,985 dapat simpulkan pemanfaatan perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Nilai thitung minat baca sebesar 3,212 > ttabel = 1,985 dapat disimpulkan minat baca berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Uji Hipotesis menyatakan bahwa secara simultan maupun parsial semua variabel independen (pemanfaatan perpustakaan dan minat baca) memengaruhi variabel dependen (hasil belajar siswa). Penemuan dalam penelitian ini menunjukan layanan sirkulasi merupakan indikator dominan dalam pemanfaatan perpustakaan, dan perasaan senang dalam membaca merupakan indikator dominan dalam minat baca. Hasil menunjukan sebesar 15% pemanfaatan perpustakaan dan minat baca memengaruhi hasil belajar siswa. This aim of the study is to find out if influence of utilization of library of library and reading interest of result of student learning class X SMKN 15 Jakarta subject introductory accounting academic year 2016 / 2017. The hypothesis of this study are : There are influence of utilization of library of library to result of student’s learning, there are influence of reading interest to result of student’s learning, and there are influence of utilization of library and reading interest to result of student’s learning. The method that has been used was the survey method with the quantitative approach. The population is all students SMKN 15 Jakarta academic year 2016 / 2017 and reached population is all students class X accounting with the amount of 137 students. The sampling technique that has been used was a proportional random sampling as many as 100 students. The data collecting that has been used was questionnaire. Based on finding of the regression coefficient test simultaneous, the value of (8,582 > 3,09) with a sig. of 0,000 with level sig. of 0,05. It can be conclude that there is an influence of utilization of library and reading interest to the student’s result of student’s learning simultaneously. While the finding of the partial regression coefficient test, utilization of library (2,135 > 1,985) can be conclude that the utilization of library affects on result of student’s learning significantly, for reading interest (3,122 > 1,985) it can be concluded that the reading interest affects on result of student’s learning significantly. The hypothesis showed simultaneously or partially all there independent variable (utilization of library and reading interest) affects on the dependent variable (result of student’s learning). The findings on this study showed that services circulation is the dominant indicator in utilization of library, and a feeling of delight in reading is the dominant indicator in reading interest. Result showed utilization of library and reading interest affects result of student’s learning as many as 15%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, S.Pd., M.Si 2). Ahmad Fauzi, S.Pd., M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 01:28
Last Modified: 23 Mar 2022 01:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25088

Actions (login required)

View Item View Item