ACHMAD FAISAL PUARADA, . (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI MUSIK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 09 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover 2.pdf Download (11kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (84kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (900kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (342kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
Text
Lembar Persembahan Isal.pdf Download (101kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (9kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PANITIA UJIAN SIDANG SKRIPSI KARYA INOVATIF.pdf Download (87kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (117kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan membaca notasi musik siswa kelas III melalui kegiatan bernyanyi di SDN Guntur 09 Pagi, Setiabudi Jakarta Selatan. Jumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model spiral atau siklus oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi sebagai dasar untuk membuat perencanaan siklus berikutnya. Indikator yang diukur pada penelitian ini yaitu kemampuan membaca notasi musik yang meliputi aspek irama, melodi, ekspresi dan pengkalimatan. Pada siklus I belum terlihat kemampuan dalam membaca notasi,ndikator yang diharapkan pada penelitian ini diharapkan pada penelitian ini belum tercapai. Persentase kemampuan membaca notasi musik siswa pada siklus I 80%. Dengan digunakannya kegiatan bernyanyi, pada siklus II siswa meningkatkan kemampuan membaca notasi musik dengan hasil yang dicapai 95%. Peningkatan yang terjadi dalam peningkatan membaca notasi musik siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan bernyanyi dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran dalam membaca notasi musik pada siswa kelas III SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. This study aims to mengethui whether there is an increased ability to read notation third grade students through singing in Guntur SDN 09 Pagi, Setia Budi Jakarta Selatan. Total 40 students. This classroom action research conducted by using a model of spiral or cycle by Kemmis and Mc. Taggart. This classroom action research conducted through the stages of planning, action, observation and reflection as a basis for planning the next cycle. Indicators measured in this research is the ability to sing that includes aspects of rhythm, melody, expression and phrasering. In cycle I have not seen the ability to read notation, which is expected indicators in this study are expected in this study has not been reached. The percentage of students' ability to read notation on the first cycle of 80%. With the use bernyanyi activities, on the second cycle students improve their reading skills with the results achieved 95%. The increase occurring in increasing numbers of students reading notation from the first cycle to the second cycle by 15%. The implication of this study is that the singing activity can be used as a medium of learning in reading notation that can improve the ability to read notation third grade students of SDN 09 Pagi Guntur, Jakarta Selatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Waluyo Hadi, M.Pd. 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:50 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25115 |
Actions (login required)
View Item |