ADLIN ASTRIDIANI JUISTHA, . (2017) PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ADLIN ASTRIDIANI JUISTHA.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text
lembar persetujuan ADLIN.pdf Download (281kB) |
|
Text
surat pernyataan keaslian skripsi.pdf Download (167kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (61kB) |
|
Text
daftar riwayat hidup Adlin.pdf Download (114kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media cetak berupa Buku Pedoman Praktek Kerja Lapangan untuk Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Buku ini dapat digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa yang akan melaksanakan PKL dalam pemenuhan kebutuhan PKL. Secara umum, penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan buku pedoman PKL yang dapat memfasilitasi mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta dalam mendapatkan informasi mengenai kegiatan PKL. Dalam mengembangkan Buku Pedoman PKL ini, pengembang menggunakan model pengembangan produk yang dikemukakan oleh Rowntree yang melalui tiga tahapan utama yakni perencanaan; persiapan penulisan; penulisan dan penyuntingan. Evaluasi pada penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan evaluasi formatif yang telah dimodifikasi, yang terdiri dari expert review (ahli materi dan ahli media) dan field test. Evaluasi tersebut melibatkan 1 ahli materi dan 1 ahli media dan 22 pengguna. Hasil dari masing-masing tahap, sebagai berikut: ahli materi 94,4, ahli media 93,7, sedangkan field test 82,6. Berdasarkan proses dan prosedur dalam mengembangkan buku pedoman, serta uji coba yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa buku pedoman PKL, memiliki kualitas yang baik dan dapat digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan UNJ dalam hal pemenuhan informasi mengenai PKL. The development research is aimed to result a print media of guidebook practice of fiedwork for student in Majoring of Educational Technology. This guidebook can be used to facilitate the student who will implement fieldwork. In general, this development research is aimed to result a guidebook to facilitate the student of Majoring Educational Technology State University of Jakarta in order to get the information about fieldwork practice. In developing the guidebook, developers use the model product development presented by Rowntree through three rounds of the main planning; preparation of writing; writing and editing. Evaluation on research development it uses approach formative evaluation modified, consisting of experts review expert matter and media experts) and field test. The evaluation involving one matter, one media experts and 22 users. The result of each stage, as follows: experts matter 94.4, media experts 93.7, while field test 82.6. Based on process and procedures in developing guidebooks, as well as the trial that has been carried out can be expressed that the guidebook has good quality and can be used to facilitate student Majoring of Educational Technology State University of Jakarta in terms of the fulfillment of information on fieldwork practice.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd 2). Retno Widyaningrum, S.Sos, MM |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 03:43 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 03:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25139 |
Actions (login required)
View Item |