PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA DENGAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI OPERASI ALJABAR UNTUK SISWA PAKET B PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM)

DIAH ANGGRAENI, . (2017) PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA DENGAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI OPERASI ALJABAR UNTUK SISWA PAKET B PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (165kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (344kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
6. BAB III .pdf

Download (473kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (169kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
Image
Lembar Persetujuan.jpg

Download (508kB) | Preview
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (233kB)
[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar berupa LKS matematika untuk siswa Paket B. LKS ini dibuat karena kurangnya sumber belajar matematika yang terdapat di PKBM sehingga membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar dan kesulitan untuk memahami materi operasi aljabar. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang dikembangkan adalah materi operasi aljabar dengan metode SQ3R. Metode SQ3R terdiri dari empat tahap yaitu, survey, question, read, recite, dan review. Keempat tahapan tersebut terdapat dalam LKS yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini melalui lima tahapan. Tahapan pertama yaitu tahap penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan menyebar angket analisis kebutuhan kepada siswa Paket B PKBM Negeri 34 Cipayung. Tahap kedua yaitu tahap perencanaan yang dimulai dengan membuat garis besar isi media (GBIM) sebagai pedoman dalam penyusunan LKS. Pembuatan GBIM disesuaikan dengan hasil analisis kurikulum, materi, dan tujuan pembelajaran. Tahap ketiga yaitu tahap pengembangan yang dimulai dengan membuat draft. Selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli materi dan bahasa, ahli media. Penilaian dan saran yang diperoleh dari uji ahli digunakan sebagai revisi LKS. LKS yang telah diperbaiki digunakan untuk uji coba lapangan. Tahap keempat uji coba lapangan kelompok kecil yang melibatkan guru dan siswa. Terakhir tahap kelima yaitu uji lapangan kelompok besar siswa yang melibatkan lebih banyak siswa dengan PKBM berbeda. Hasil dari LKS yang dikembangkan berdasarkan aspek materi dan kebahasaan yang divalidasi oleh ahli materi dan bahasa berkategori sangat baik dengen persentase 84,31%. Berdasarkan aspek penyajian tampilan LKS yang telah divalidasi oleh ahli media berkategori sangat baik dengan persentase 81,7%. Berdasarkan aspek materi, kebahasaan, dan penyajian yang telah di evaluasi oleh guru berkategori sangat baik dengan persentase 90,59%. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan terhadap 10 siswa diperoleh persentase 87,06% yang berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar siswa yang dilakukan di tiga PKBM berbeda diperoleh persentase keseluruhan 88,27% yang berkategori sangat baik. Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika yang dikembangan telah layak digunakan pada proses pembelajaran siswa Paket B PKBM This study aims to generate learning resources in the form of mathematics worlsheet for the students of Package B. This worksheet is made due to the lack of mathematics learning resources contained in PKBM thus making the students less motivated to learn and difficulty to understand the material of algebraic operations. Based on the needs analysis, the material developed is the material of algebraic operation with SQ3R method. The SQ3R method consists of four stages: survey, question, read, recite, and review. The four stages are contained in the developed worksheet. This research uses research and development method (research and development). This research is through five stages. The first stage is the preliminary research stage conducted by spreading the questionnaire needs analysis to the students Package B PKBM Negeri 34 Cipayung. The second stage is the planning stage that begins with outline the contents of the media (GBIM) as a guide in the preparation of worksheet. The creation of GBIM is tailored to the results of curriculum analysis, materials, and learning objectives. The third stage is the development stage that starts with drafting. Further validation is done by material and language experts, media experts. Assessment and suggestions obtained from the expert test are used as revisions of worksheet. The improved worksheet are used for field trials. The fourth stage of small group field trials involving teachers and students. Finally, the fifth stage is a field test of a large group of students involving more students with different PKBM. The results of worksheet are developed based on material and linguistic aspects validated by material experts and categorized language very well with 84.31% percentage. Then based on the presentation aspect of worksheet that has been validated by media experts categorized very well with the percentage of 81.7%. Based on the aspects of material, linguistics, and presentation that have been evaluated by teachers categorized very well with the percentage of 90.59%. Based on the results of small group testing conducted on 10 students obtained a percentage of 87.06% which is categorized very well. Based on the results of trials of large groups of students conducted in three different PKBM obtained an overall percentage of 88.27% who categorized very well. The results of these tests indicate that the mathematical worksheet developed have been feasible to be used in the learning process of the students of Paket B PKBM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Suprakarti, M.Pd 2) Dra. Widyanti Rahayu, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:03
Last Modified: 23 Mar 2022 04:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25151

Actions (login required)

View Item View Item