PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 SETU KABUPATEN BEKASI

AHMAD MAULANA, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 SETU KABUPATEN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III (Metodologi Penelitian).pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB I (Pendahuluan).pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II (Penyususnan Kerangka Teoretis, Kerangka Berpikir dan Pengajuan Hipotesis).pdf

Download (279kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV (Hasil Penelitian).pdf

Download (226kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V (Kesimpulan, Implikasi Dan Saran).pdf

Download (167kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Lampiran 1 (SILABUS).pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Lampiran 4 (Materi Ajar).pdf

Download (295kB)
[img] Text
Lampiran 5 (Soal&Jawaban Talking Stick).pdf

Download (195kB)
[img] Text
Lampiran 6 (Kisi - Kisi Angket Penelitian).pdf

Download (0B)
[img] Text
Lampiran 2 (RPP eksperimen).pdf

Download (691kB)
[img] Text
Lampiran 3 (RPP Kontrol).pdf

Download (681kB)
[img] Text
Lampiran 9 (Uji Perhitungan Validitas).pdf

Download (383kB)
[img] Text
Lampiran 11 (Perhitungan Reliabilitas).pdf

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 10 (Uji Reliabilitas).pdf

Download (418kB)
[img] Text
Lampiran 7 (Angket Motivasi Belajar).pdf

Download (196kB)
[img] Text
Lampiran 8 (Uji Validitas).pdf

Download (196kB)
[img] Text
Lampiran 14 (Perhitungan Menggambar Grafik Histogram Kelas Eksperimen).pdf

Download (81kB)
[img] Text
Lampiran 15 (Perhitungan Mean,Varians dan SB Kontrol).pdf

Download (304kB)
[img] Text
Lampiran 16 (Perhitungan Menggambar Grafik Histogram Kelas Kontrol).pdf

Download (159kB)
[img] Text
Lampiran 13(Perhitungan Mean,Varians dan SB Eksperimen).pdf

Download (304kB)
[img] Text
Lampiran 12 (Data Skor Kelas Eksperimen dan Kontrol).pdf

Download (103kB)
[img] Text
Lampiran 18.a (Langkah Pengujian Normalitas Kontrol).pdf

Download (62kB)
[img] Text
Lampiran 19 (Pengujian Homogenitas dengan Uji Fisher).pdf

Download (154kB)
[img] Text
Lampiran 17 (Penghitungan Normalitas Eksperimen).pdf

Download (113kB)
[img] Text
Lampiran 18 (Penghitungan Normalitas Kontrol).pdf

Download (114kB)
[img] Text
Lampiran 17.a (Langkah Pengujian Normalitas Eksperimen).pdf

Download (63kB)
[img] Text
Lampiran 22 (Nilai Kritik L Uji Lilliefors).pdf

Download (70kB)
[img] Text
Lampiran 23 (Tabel Z Kumulatif Sebaran Frekuensi Normal).pdf

Download (428kB)
[img] Text
Lampiran 24 (Surat Permohonan Izin Penelitian).pdf

Download (251kB)
[img] Text
Lampiran 20 (Uji Hipotesis dengan Uji t).pdf

Download (197kB)
[img] Text
Lampiran 21 (Nilai r Product Moment).pdf

Download (89kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (104kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Lampiran 25 (Surat Keterangan Penelitian).pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif talking stick pada mata pelajaran sejarah terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Setu dari bulan November 2016 sampai Juli 2017. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh kelas di SMA Negeri 1 Setu Kabupaten Bekasi berjumlah 1175 siswa, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 139 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian diambil dari populasi terjangkau sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebanyak 50 butir. Melalui uji validitas dengan rumus “r” product moment hasilnya menunjukkan 38 butir pernyataan valid dan 12 butir pernyataan tidak digunakan, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,931 dengan demikian instrumen tersebut dapat digunakan. Uji persyaratan analisis melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian normalitas menggunakan uji Lilliefors, pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung 0,0411 < Ltabel 0,1306, maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung 0,0947 < Ltabel 0,1306, maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakaan uji Fisher dan diperoleh Fhitung 1,164 < Ftabel 1,64 maka varians homogen diterima. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menghasilkan thitung 3,27 > ttabel 1, 661 pada taraf signifikan 95% (0,05) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif talking stick pada mata pelajaran sejarah terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Setu Kabupaten Bekasi. This study aims to obtain empirical data about the influence of cooperative learning model talking stick on the subjects of history on student learning motivation. This research was conducted in SMA Negeri 1 Setu from November 2016 until July 2017. The research approach used is quantitative approach with experimental method. The target population in this study is the entire class in SMA Negeri 1 Setu Bekasi regency amounted to 1175 students, while the inaccessible population is the student class XI IPS, amounting to 139 students. The sampling technique using simple random sampling. The sample was taken from the affordable population so that the two classes are obtained XI IPS 1 as experimental class and class XI IPS 3 as control class. The instrument used in this research is 50 questionnaires. Through validity test with the formula "r" product moment result showed 38 grains of valid statement and 12 items of statement not used, while reliability test with Alpha Cronbach formula obtained reliability value equal to 0,931 thus instrument can be used. Test requirements analysis through normality test and homogeneity test. Normality test using Lilliefors test, in experimental class obtained Lhitung 0,0411 < Ltabel 0,1306, hence distribution of normal distribution data and at control class obtained Lhitung 0,0947 < Ltabel 0,1306, hence distribution of normal distribution data. Homogeneity test using Fisher test and obtained Fhitung 1,164 < Ftabel 1,64 then homogeneous variance is accepted. Hypothesis testing using t test produces thitung 3,27 > ttabel 1, 661 at a significant level of 95% (0.05) then Ho is rejected and H1 accepted. It can be concluded that there is influence of cooperative learning model talking stick on history subject to student learning motivation in SMAN 1 Setu of Bekasi Regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. M . Fakhruddin, M.Si 2) Dra. Yasmis, M.Hum
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:02
Last Modified: 23 Mar 2022 06:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25176

Actions (login required)

View Item View Item