PENERAPAN TEORI STIMULUS RESPON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN KELILING DI RUSUN GRIYA TIPAR CAKUNG

AJENG DWI ANGGRAENI, . (2017) PENERAPAN TEORI STIMULUS RESPON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN KELILING DI RUSUN GRIYA TIPAR CAKUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AJENG DWI ANGGRAENI 1515133708.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK AJENG DWI ANGGRAENI 1515133708.pdf

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat baca pengunjung perpustakaan kelilling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain One-group pretes-posttes design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak-anak pengunjung perpustakaan keliling di Rusun Griya Tipar Cakung sebanyak 12 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi pengamatan dengan analisis data kuantitatif dengan Uji-t. Hasil penelitian menunjukan peningkatan minat baca siswa dari hasil pre-test dan post-test, rata-rata minat baca meningkat sebesar 13,7. Uji hipotesis yang dilakukan dengan Uji-t diperoleh thitung = 10,873 sedangkan tabel pada taraf signifikan 5% dan dk=22 maka nilai ttabel (0,05)(22) = 1,717. Hasil perhitungan diatas menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, 10,873 > 1,717 maka H0 ditolak dan dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan stimulus terhadap peningkatan minat baca kelompok anak yang membaca di perpustakaan keliling Rusun Griya Tipar Cakung. This research aims to know about the influence of the application of stimulus response theory to increase reading interest of mobile library visitors. The method used is the experimental method, with the design of One-group pretest-posttes design. Sample of this study are the group of children who lived in Rusun Griya Tipar Cakung as many as 12 people. Using the technique of sampling the samples saturated. The data were collected using observation observation sheet with quantitative data analysis with t-test. The results showed an increase in student reading interest from the pre-test and post-test results, the average reading interest increased by 13.7. Hypothesis test done with t-test obtained tcount = 10,873 while table at 5% significant level and dk = 22 hence ttable value (0,05) (22) = 1,717. The above calculation results show that the value of t count is greater than the value ttable, 10.873> 1.717 then H0 rejected and can be said that there is influence in the application of stimulus to increase interest in reading groups of children who read in the library around Rusun Griya Tipar Cakung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Anan Sutisna, M.Pd 2). Karta Sasmita, S.Pd, M.Si., Ph.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:53
Last Modified: 23 Mar 2022 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25193

Actions (login required)

View Item View Item