UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PERMAINAN KECIL DENGAN ALAT DALAMPENDIDIKAN JASMANI DI KELAS V SDN CIRACAS 10 JAKARTA TIMUR (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Ciracas 10 Jakarta Timur)

ALFERA KHAKMATUL LATIFAH, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PERMAINAN KECIL DENGAN ALAT DALAMPENDIDIKAN JASMANI DI KELAS V SDN CIRACAS 10 JAKARTA TIMUR (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Ciracas 10 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4_Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2_Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3_Abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text
5_Kata Pengantar.pdf

Download (20kB)
[img] Text
1_Cover Skripsi.pdf

Download (21kB)
[img] Text
8_BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
9_BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
7_DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (16kB)
[img] Text
10_BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
6_Daftar Isi.pdf

Download (26kB)
[img] Text
12_BAB V.pdf

Download (25kB)
[img] Text
15_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (88kB)
[img] Text
13_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] Text
11_BAB IV.pdf

Download (488kB)
[img] Text
14_Daftar Tabel.pdf

Download (16kB)
[img] Text
16_Daftar Lampiran Data.pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui permainan kecil dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Ciracas 10 Jakarta Timur dimulai pada bulan Juli sampai bulan Agustus 2017, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data pada siklus I motivasi belajar siswa memperoleh persentase 24% dari jumlah 6 siswa yang mencapai skor motivasi 67-88. Siklus II naik menjadi 98% dari jumlah 31 siswa yang mencapai skor motivasi 67-88. Adapun data untuk pemantau tindakan pembelajaran dengan permainan kecil dengan alat pada siklus I memperoleh persentase 75% dan pada siklus II menunjukkan peningkatan 95%. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan permainan kecil dengan alat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan menggunakan: permainan kecil dengan alat dapat dijadikan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa di Kelas V SDN Ciracas 10 Jakarta Timur. This research’s aim is to improve students motivation in learning through small game in in physical education teaching. The study is conducted in fifth grade in SDN Ciracas 10 East Jakarta in July to August 2017, by using classroom action research method, with 2 cycles through 4 activities, which is planning, doing, observation, and reflection. The result of the study shown by data acquisition presentage in first cycle was 24% of the total number of 6 students who achieved a motivation score of 67-88. In second cycle shown some improvement, become 98% of the total number of 31 students who achieved a motivation score of 67-88. As for classroom action’s monitoring data by small game with tools in first cycle got presentage in 75%, and in second cycle shown some improvement, become 95%. As the result, it is shown that by using small games with tools, we can improve students learning motivation in in physical education teaching. The conclusion is physical education teaching lesson that held by using small games with tools can be used to improve students learning motivation in fifth grade at SDN Ciracas 10 East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd 2). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 01:08
Last Modified: 24 Mar 2022 01:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25217

Actions (login required)

View Item View Item