UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 03 PAGI JAKARTA SELATAN

ALISHA PEBRIANA, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 03 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (608kB)
[img] Text
4. SURAT LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (166kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (24kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (458kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (364kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
14. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (766kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (95kB)
[img] Text
15. DAFTAR TABEL.pdf

Download (6kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melalui penggunaan media gambar berseri pada siswa kelas III SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan. Pada Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran siklus Kemmis dan Mc.Taggart. Dalam model pembelajaran ini terdapat beberapa tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I persentase siswa yang mendapat nilai menulis narasi ≥70 mencapai 71,8% kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 84,3%. Pada nilai rata-rata menulis narasi siswa memperoleh nilai pada siklus I sebesar 67,5% kemudian meningkat pada siklus II yaitu menjadi 77,5%. Maka peningkatan yang terjadi pada siswa yang memperoleh nilai ≥70 adalah 9,49 %. Dari hasil data tersebut maka target penelitian untuk menigkatkan kemampuan menulis narasi siswa sebesa 80% telah berhasil dicapai. Adapun data hasil pemantau tindakan guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan media gambar berseri pada siklus I aktivitas guru sebesar 90% dan aktivitas siswa sebesar 70%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan pada aktivitas guru menjadi 100% dan pada aktivitas siswa menjadi 90%. Dari hasil kedua data tersebut maka data pemantau tindakan telah mencapai target yang diharapkan yakni 90%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas III SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan. Classroom Action Research (PTK) was done to improve the ability of narrative writing through the use of serial images in grade III students of SDN Guntur 03 Pagi South Jakarta. In Classroom Action Research is done by using the learning model Kemmis and Mc.Taggart cycles. In this learning model there are several stages including planning, action implementation, observation, and reflection. Technique of collecting data in this research in the form of test, observation, and documentation. Based on the research results obtained data on the cycle I percentage of students who got the value of writing narrative ≥70 reached 71.8% and then increase in the second cycle of 84.3%. At the average value of writing the narrative students get a value in cycle I of 67.5% and then increased in the second cycle that is to be 77.5%. Then the increase that happened to students who get value ≥70 is 9.49%. From the results of the data then the target of research to improve the ability of writing narration students sebesa 80% has been achieved. The data of teacher and student action monitoring result in learning using the media of series image at cycle I teacher activity by 90% and student activity equal to 70%. Then on the second cycle increased in teacher activity to 100% and on student activity to 90%. From the results of these two data, the action monitoring data has reached the expected target of 90%. Therefore, it can be concluded that the media image series can improve the ability to write narrative in grade III students SDN Guntur 03 Pagi South Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd 2). Drs. Sutrisno, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 01:24
Last Modified: 24 Mar 2022 01:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

View Item View Item