ANISA DWI HANDAYANI, . (2017) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LINGKUNGAN ISLAMI DI SEKOLAH UMUM (studi kasus di SMAN 12 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
butir pertanyaan wawancara.pdf Download (10kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (200kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (165kB) |
|
Text
1. cover.pdf Download (26kB) |
|
Text
bab 1-4.pdf Download (582kB) |
|
Text
PENGESAHAN PDF.pdf Download (255kB) |
|
Text
PERNYATAAN PDF.pdf Download (256kB) |
|
Text
motto, abstrak indonesia, abstrak inggris, abstrak arab, kata pengantar.pdf Download (386kB) |
Abstract
Penelitian ini melihat dari kurangnya jam pelajaran pendidikan agama islam disekolah umum yang terbatas waktu hanya tiga jam dalam seminggu. Dengan hanya belajar tiga jam dalam seminggu, para siswa kurang dapat memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran-ajaran agama islam kedalam kehidupan sehari-hari. Sebagai akibat dari permasalahan ini, para siswa lebih mudah terpengaruh ke dalam pengaruh negatif. Salah satu cara untuk menghindari permasalahan tersebut adalah dengan cara menambahkan jam pelajaran agama di luar jam pelajaran yang telah ditetapkan oleh kurikulum, dengan memperkuat ekstrakulikuler rohis dan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan keislaman disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran apa saja yang di lakukan oleh kepala sekolah dalam mengembangkan lingkungan islami di sekolah umum di SMAN 12 JAKARTA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan pemilahan data sesuai dengan kebutuhan penelitian. Penulis menggunakan teori abudinata tentang lingkungan pendidikan islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam mengembangkan lingkungan islami yang dibatasi oleh kebijakan dan implementasinya sudah diterapkan, namun masih ada sedikit kekurangan karena memiliki beberapa faktor penghambat. Diantaranya terkendala oleh dana. Sulitnya mencari alokasi dana untuk kegiatan islam, sulitnya pencairan dana secara langsung untuk kegiatan islam. Peraturan dinas melarang sekolah negeri untuk pungutan dalam hal apapun termasuk dalam kegiatan islam. Serta luas bangunan masjid yang tidak terlalu luas sehingga dalam pelaksanaan kegiatan tersebut kurang efektif. This study looks at the lack of hours of Islamic religious education lessons in public schools limited only three hours a week. By studying only three hours a week, students are less able to understand, live, and practice the teachings of Islamic religion into everyday life. As a result of this problem, students are more easily affected by negative influences. One way to avoid such problems is to add hours of religious lessons outside the lesson set by the curriculum, by strengthening the spiritual extracurricular and by holding Islamic activities in school. This study aims to determine the role of what is done by the principal in developing the Islamic environment in public schools at SMAN 12 JAKARTA. The research method used is qualitative descriptive. Data collection through observation, interview and documentation. After the data collected done sorting data in accordance with the needs of research. The author uses the theory of abudinata about the environment of Islamic education. The results of this study indicate that the role of school principals in developing an Islamic environment that is limited by policy and implementation has been applied, but there are still some shortcomings because it has several inhibiting factors. Among constrained by the funds. Difficult to find funds allocated for Islamic activities, the difficulty of direct disbursement of funds for Islamic activities. Official regulations prohibit public schools for levies in any case included in Islamic activities. And the area of the mosque building is not too large so that the implementation of these activities is less effective.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Yusuf Ismail M.Ag 2) Dr. Izzatul Mardhiah |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:16 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25239 |
Actions (login required)
View Item |