PERILAKU KONSUMTIF PEER GROUP DALAM MEMBENTUK GAYA HIDUP DI KALANGAN REMAJA (Studi Pada Peer Group Konsumsi Gadget dan Peer Group Anak Nongkrong di SMP Negeri 286 Jakarta)

ANISA WULANDARI, . (2017) PERILAKU KONSUMTIF PEER GROUP DALAM MEMBENTUK GAYA HIDUP DI KALANGAN REMAJA (Studi Pada Peer Group Konsumsi Gadget dan Peer Group Anak Nongkrong di SMP Negeri 286 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Perilaku Konsumtif Peer Group dalam membentuk Gaya Hidup di Kalangan Remaja.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui gambaran perilaku konsumtif peer group di SMP Negeri 286 Jakarta. Peer group yang terdapat di sekolah tersebut yaitu peer group dengan konsumsi gadget dan peer group yang tergabung dalam Geng Cihuy. Selain itu, peneliti ingin mengetahui perilaku konsumtif peer group dalam membentuk Gaya Hidup Konsumtif di kalangan remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data, pengamatan, dan wawancara mendalam dengan 10 informan terdiri dari 4 orang dari peer group konsumsi gadget dan 4 orang dari peer group anak nongkrong atau Geng Cihuy. Peneliti juga melakukan wawancara kepada 2 guru yaitu Guru di Bidang Kesiswaan dan Guru BK di SMP Negeri 286 Jakarta. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep remaja, konsep perilaku konsumtif, serta konsep gaya hidup. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua peer group yang ada di SMP Negeri 286 Jakarta yaitu peer group dengan konsumsi gadget dan peer group anak nongkrong yang menamai diri mereka Geng Cihuy. Aktivitas yang dilakukan oleh kedua peer group ini dapat dikatakan konsumtif. Hal ini dikarenakan aktivitas yang dilakukan tidak berdasarkan kebutuhan melainkan keinginan mereka untuk dapat diterima dalam kelompok. Peer group konsumsi gadget menggunakan gadget yang sama dengan teman sebayanya. Mereka menggunakan gadget sebagai gaya mereka di kalangan remaja. Biaya yang dikeluarkan untuk keperluan gadget hanya untuk eksistensi di dunia sosial saja. Sedangkan untuk aktivitas yang dilakukan anak nongkrong yaitu jalan-jalan ke mall dan cafe, dimana mereka menghabiskan waktu bersama para temannya di mall seperti makan dan nonton bioskop. Kedua peer group mengumpulkan uang jajannya untuk digunakan saat berkumpul bersama teman- temannya. Perilaku konsumtif yang dilakukan tersebut karena kebiasaan-kebiasan dalam pola pergaulan atau gaya hidup mereka sebagai remaja. Perilaku konsumtif ini memiliki pola-pola yang nantinya akan menjadi menjadi gaya hidup dan membentuk identitas atau ciri khas dari kedua peer group tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dian Rinanta Sari, S.Sos., M.A.P. 2) Dewi Sartika, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:23
Last Modified: 24 Mar 2022 02:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25245

Actions (login required)

View Item View Item