MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LARI MELALUI PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS III SDN KAYU MANIS 01 PAGI MATRAMAN JAKARTA TIMUR

ANA MUFLIKHAH, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LARI MELALUI PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS III SDN KAYU MANIS 01 PAGI MATRAMAN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (19kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (503kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (137kB)
[img] Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lari melalui penerapan modifikasi permainan pada siswa kelas III SDN Kayu Manis 01 Pagi Matraman Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas III yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data hasil pemantauan tindakan dan data hasil penelitian. Data hasil pemantauan tindakan diperoleh dari hasil observasi, catatan lapangan dan dokumentasi saat proses pembelajaran. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi kegiatan lari siswa melalui instrumen penilaian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan gerak dasar lari dan proses pembelajaran melalui penerapan modifikasi permainan dari siklus I hingga siklus II. Peningkatan kemampuan gerak dasar lari pada siklus I (67,64%) dan siklus II (85,29%), sehingga meningkat sebesar (17,65%). Sedangkan peningkatan proses pembelajaran melalui penerapan modifikasi permainan pada siklus I ( 60%) dan siklus II ( 90%), sehingga meningkat sebesar (30%). Berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan diperoleh simpulan bahwa dengan menerapkan modifikasi permainan dalam pembelajaran pendidikan jasmani, kemampuan gerak dasar lari siswa kelas III SDN Kayu Manis 01 Pagi Matraman Jakarta Timur meningkat. The research was aimed to improving basic running motion ability through the pratice game modification use of 3rd grade student’s primary school at SDN Kayu Manis 01 Pagi Matraman East Jakarta. This research was classrom action research with the subject of research was 3rd grade student’s consisting of 19 boys and 15 female student. This research eas held two cycles, each cycle consisting of two meetings. Data were collected used data result of monitoring of action and data of reseacrh result. The result of action monitoring data are obtained from observations, field notes and documentation during the learning process. Data of research result obtained from observation of basic running motion through the assessment instruments. The data obtained were analyzed used descriptive statistic analysis technique. From the result of research there was improvment og basic throwing motion and learning process through of game modification from cycle I until cycle II. Increase of basic running motion in cycle I (67,64%) and cycle II (85,29%), increase by (17,65%). While the improvment of learning process through of game modification in cycle I (60%) and cycle II (90%), increase by (30%). Based on the result of research and discussion concluded that in the pratice game modification in physical aducation learning, basic running motion ability 3rd grade student’s at SDN Kayu Manis 01 Pagi Matraman East Jakarta increased.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd 2). Drs. Sujono Surokarijo, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:32
Last Modified: 24 Mar 2022 02:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25253

Actions (login required)

View Item View Item