ANGELICA ANJANI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGUKURAN ANAK USIA 6-7 TAHUN MELALUI MEDIA REALIA (Penelitian tindakan di Kelas 1 SD Negeri Pasar Manggis 03 Pagi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (315kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (21kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (19kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (379kB) |
|
Text
3. ABSTRAK (revisi).pdf Download (20kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (151kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (180kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) |
|
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (14kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (61kB) |
|
Text
14. DAFTAR TABEL.pdf Download (16kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (33kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (601kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (29kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRA DATA.pdf Download (0B) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRA DATA.pdf Download (87kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRA DATA.pdf Download (87kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRA DATA.pdf Download (87kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRA DATA.pdf Download (87kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengukuran anak usia 6-7 tahun di SDN Pasar Manggis 03, Jakarta Selatan melalui media realia yang dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2017. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 11 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus. Masing-masing siklus terdapat perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing, dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan non tes untuk memperoleh data mengenai pelaksanaan tindakan dan data pemahaman pengukuran anak anak yaitu melalui observasi berupa catatan lapangan, catatan dokumentasi, dan catatan wawancara serta pedoman instrumen penilaian pemahaman pengukuran anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa media realia dapat meningkatkan pemahaman pengukuran anak anak usia 6-7 tahun. Implikasi dari penelitian ini yaitu media realia dapat dijadikan alternatif media untuk dapat membantu meningkatkan pemahaman pengukuran anak. This study aims to improve children aged 6-7 years’ understanding of measurement in SDN 03 Pasar Manggis, Jakarta Selatan through realia that was conducted in January-February 2017. The subjects in this study consisted of 11 students. The method used in this research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle are planning, acting, observing, and reflecting. The data collection techniques used are non-test to obtain data on the implementation of the action. In addition, to gather the data of children’s measurement understanding, observation form field notes, records of documentation and interview notes and guidelines are employed. The results showed that realia was able to enhance understanding of children’s measuring ability aged 6-7 years. The implication of this study is that the realia as media can be an alternative to help improve understanding of children’s measuring ability.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Eriva Syamsiatin, S.Pd, M.Si 2). Dr. Nurjannah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 05:31 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 05:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25287 |
Actions (login required)
View Item |