MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 255 JAKARTA

ANGGA HARIZKI, . (2017) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 255 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (27kB)
[img] Text
5. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (28kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (53kB)
[img] Text
2. LEMBARAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR DAN LAMPIRAN.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I, II, III, IV, V.pdf

Download (530kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Lampiran 22 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 255 Jakarta, yang bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai pemeliharaan dan inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2015 hingga Juni 2016. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini berasal dari informan kunci yaitu wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, sedangkan informan pendukung I yaitu bendahara barang dan informan pendukung II yaitu kepala sekolah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Teknik pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan yang dilakukan SMP Negeri 255 Jakarta meliputi penyadaran, pemahaman, pengorganisasian, pelaksanaan dan pendataan. Permasalahan yang terjadi dalam teknik pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan adalah tidak adanya pembagian kerja yang jelas, kebutuhan dana karena terlambat cairnya dana BOS dan BOP, dan sulitnya mendapatkan tenaga ahli yang terpercaya. (2) Prosedur inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan yang dilakukan meliputi pencatatan, pengkodean dan evaluasi inventarisasi. Permasalahan yang terjadi dalam prosedur inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan adalah sering terjadinya barang yang dikirim tidak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan sekolah, sehingga mengakibatkan tertundanya proses pencatatan barang. The research aimed to identify and obtain an overview of the maintenance and inventory of educational facilities. This research was conducted in in SMP Negeri 255 on May 2015 through June 2016. The research used a qualitative approach with descriptive methods. Data was collected through interviews, observation and documentation. Source data from this study came from key informants that the vice principal fields of infrastructure, while supporting informant I is treasurer of goods and informants II is the principal. Results from the study showed that (1) Mechanical maintenance of educational facilities that do SMP Negeri 255 Jakarta include awareness, understanding, organizing, implementation and data collection. Problems that occur in the technical maintenance of educational facilities is the lack of a clear division of labor, funding needs due to late disbursement of BOS and BOP, and difficulty to obtain experts. (2) Procedures inventory of educational facilities was conducted on the recording, coding and inventory evaluation. Problems that occur in the inventory procedure for school infrastructure is often the goods delivered are not in accordance with the required specifications of the school, so that has caused delays in the process of recording goods.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wahyu Sri Ambar Arum, MA 2). Dr. Neti Karnati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 05:37
Last Modified: 24 Mar 2022 05:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25294

Actions (login required)

View Item View Item