UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENULIS JURNAL (Penelitian Tindakan Kelas di TK El-Qomar, Kalideres, Jakarta Barat)

ANIDA MUTHMAINNAH LUBIS, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENULIS JURNAL (Penelitian Tindakan Kelas di TK El-Qomar, Kalideres, Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAY HIDUP.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I-V ANIDA MUTHMAINNAH L.docx.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER,DAPUS,DAFIS,DKK.pdf

Download (596kB)

Abstract

Pendidikan tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menulis jurnal di TK El-Qomar. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun TK El-Qomar Jakarta Barat sebanyak 11 orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi (foto). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menulis jurnal dapat meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan menulis jurnal dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap anak sehingga dapat merancang media dan alat yang bervariasi dalam melaksanakan kegiatan menulis jurnal untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis anak TK ElQomar. This action research aims to improve writing ability of children aged 5-6 years through journal writing activity in TK El-Qomar. Subjects in this study were children aged 5-6 years group of TK El-Qomar West Jakarta as many as 11 people. The method used is the method of action research. Data collected by using observation sheets, field notes and documentation (photos). The results showed that the activity of journal writing can improve writing ability of children aged 5-6 years. These results indicate that the activity of the journal writing can be used as one of the efforts to improve writing ability of children aged 5-6 years. Therefore, teachers need to know the capabilities and needs of each child so that they can design the media and the tools vary in conducting writing journal to improve the ability to write kindergartner group in TK El-Qomar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 06:05
Last Modified: 24 Mar 2022 06:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25308

Actions (login required)

View Item View Item