PENANAMAN RELIGIUSITAS KEISLAMAN ANAK PADA KELUARGA KELAS MENENGAH (Studi: Empat Keluarga di Perum Visar Indah Pratama RT 8 RW 12 Kelurahan Cibinong Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, Jawa Barat)

Jessica Virginia Andries, . (2016) PENANAMAN RELIGIUSITAS KEISLAMAN ANAK PADA KELUARGA KELAS MENENGAH (Studi: Empat Keluarga di Perum Visar Indah Pratama RT 8 RW 12 Kelurahan Cibinong Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
3. BAB I, BAB II, BAB III, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (792kB)
[img] Text
6. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN JESSICA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji proses sosialisasi dan bentuk perilaku mengenai cerminan religiusitas keislaman anak di Perum Visar Indah Pratama RT 8 RW 12 Cibinong, Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses sosialisasi keluarga kelas menengah dalam menanamkan nilai-nilai yang mencerminkan religiusitas keislaman pada anak dan mengetahui bentuk perilaku anak yang muncul sebagai cerminan religiusitas keislaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan studi yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Untuk memperoleh data di lapangan, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa keluarga kelas menengah sebagai agen sosialisasi yang menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak melalui proses sosialisasi dalam perspektif konstruksi sosial, yaitu eksternalisasi, obyektivasi dan internalisasi. Orang tua melakukan suatu kegiatan secara konsisten dalam rangka menanamkan nilai-nilai yang mencerminkan religiusitas keislaman berupa nilai pola pikir terbuka dan nilai tanggung jawab pada anak di tengah riskannya kemajuan dan perkembangan teknologi saat sekarang ini. Setelah tindakan tersebut dirasa tepat, maka kesadaran logis anak akan merumuskan bahwa fakta tersebut terjadi karena ada kaidah yang mengaturnya. Inilah tahapan obyektivasi. Setelah terobyektivasikan pada anak mengenai nilai-nilai yang mencerminkan religiusitas keislaman berupa nilai pola pikir terbuka dan nilai tanggung jawab, maka anak akan menyerap nilai-nilai tersebut sebagai cerminan religiusitas keislaman ke bentuk perilaku anak dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa orang tua dari kalangan keluarga kelas menengah menyadari bahwa perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang membuat orang tua harus cerdas mengambil celah dalam mensosialisasikan nilai-nilai keislaman dalam menjalani kehidupan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Hal ini dapat berguna sebagai pegangan hidup di tengah riskannya kemajuan dan perkembangan teknologi pada saat sekarang ini sehingga mampu membina kehidupan sosialnya dengan baik tanpa melanggar ajaran agama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rosita Adiani, MA ; 2). Ahmad Tarmiji, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 31 Dec 2019 15:45
Last Modified: 31 Dec 2019 15:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2532

Actions (login required)

View Item View Item