BENI ADAM, . (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERMUTASI DAN KOMBINASI DENGAN TAHAPAN ANALISIS NEWMAN DI KELAS XI SMA NEGERI 2 RANGKASBITUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (13kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (548kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
|
Text
BIODATA PENULIS.pdf Download (69kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (555kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (19kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (43kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (32kB) |
|
Text
lampiran 1.pdf Download (90kB) |
|
Text
Surat Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf Download (83kB) |
|
Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (493kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (264kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa, faktor penyebab kesalahan siswa, besarnya persentase kesalahan siswa, serta menentukan solusi yang dapat diajukan jika kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa sudah diketahui. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian diambil 6 siswa dari 28 siswa kelas XI IIA 3 SMA Negeri 2 Rangkasbitung. Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan jenisjenis kesalahan menggunakan metode analisis kesalahan Newman, kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui penyebab subjek penelitian melakukan kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan jenis-jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal cerita permutasi dan kombinasi adalah: (1) Kesalahan membaca masalah (2) Kesalahan memahami masalah (3) Kesalahan transformasi masalah (4) Kesalahan keterampilan proses (5) Kesalahan penulisan jawaban akhir. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan adalah tidak dapat menginterpretasikan angka pada soal, tidak mengetahui hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tidak terbiasa menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, bingung menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tidak paham dengan metode yang digunakan, salah memilih metode penyelesaian, tidak mengetahui metode penyelesaian yang benar, tidak dapat membedakan jenis soal yang dapat diselesaikan dengan permutasi atau kombinasi, memiliki kemampuan kognitif yang rendah, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, tidak paham dengan perhitungan yang digunakan, akibat dari kesalahan yang dilakukan sebelumnya, tidak melakukan pengecekan terhadap jawaban yang diberikan. Besarnya persentase kesalahan pada tahapan analisis kesalahan Newman yaitu kesalahan membaca masalah sebesar 6,67%, kesalahan memahami masalah sebesar 43,33%, kesalahan transformasi masalah sebesar 23,33%, kesalahan keterampilan proses sebesar 40,00% dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 43,33%. This research described the types of students' errors, factors causing students' errors, and the percentage of students' errors, and it also proposed the solutions to anticipate the errors and causes of mistakes in students' work after those are identified. The method of the research was qualitative descriptive. Research data was collected through written test and interview. The subjects of this research were 6 students taken from 28 students of class XI IIA 3 SMA Negeri 2 Rangkasbitung. Each of the research subject's work was analyzed to describe the type of error using Newman's Error Analysis method, then each subject was interviewed to determine the causes of the mistakes. Based on the results of the research, it can be concluded that there are five types of errors that occurred when students solved the problems of permutation and combination: (1) reading errors, (2) comprehension errors, (3) transformation errors, (4) process skills errors, (5) encoding errors. Several factors that caused the subjects to make mistakes were inability to interpret the numbers on the problems, inability to identify the informations and the questions within the problems, inexperience and unfamiliarity in writing down the informations and the questions within the problem, inability to comprehend the methods that were used to solve the problems, inability to identify which method that can be used to solve specific problems, inability to identify between permutation or combination type of problems, low cognitive abilities, calculation errors, inability to calculate correctly because of previous calculation errors, and carelessness about checking the final answer. The percentage of errors in Newman's Error Analysis were reading errors as 6.67%, comprehension errors as 43.33%, transformation errors as 23.33%, process skills errors as 40.00% and encoding errors as 43.33%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Suprakarti, M.Pd 2) Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 02:29 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 02:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25409 |
Actions (login required)
View Item |