Pengembangan Turbin Angin Untuk Feeder Aquarium Mandiri Energi sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA

BAGUS ANDRIANTO, . (2017) Pengembangan Turbin Angin Untuk Feeder Aquarium Mandiri Energi sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3215133240-BAGUS ANDRIANTO.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan turbin angin untuk feeder aquarium mandiri energi yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media turbin angin yang dikembangan mengacu kepada masalah krisis energi saat ini. Media yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Selain itu, agar dapat memberikan referensi kepada siswa dalam menghadapi krisis energi saat ini. Sebelum diuji coba kepada siswa, terlebih dahulu dilakukan uji kelayakan oleh ahli media dan materi berupa angket dengan menggunakan skala Likert 1-4. Apresiasi yang diberikan oleh ahli media adalah 96,43% dengan kategori “sangat baik”, dan ahli materi sebesar 79,41% dengan kategori “sangat baik”. Sementara uji coba produk yang dilakukan di SMAN 1 Lohbener, Indramayu memberikan hasil sebesar 86,11 %. Berdasarkan data uji kelayakan dan uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa media turbin angin untuk feeder aquarium mandiri energi layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran fisika. This study aims to develop wind turbines for independent aquarium energy feeders that are suitable to be used as a learning media. The research method used is Research and Development (RnD) which refers to the development model of ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The development of wind turbine media refers to the current energy crisis. The resulting media is expected to be used by teachers as a learning process. Moreover, it is used to provide reference of current energy crisis for students. Before the media is tested to the students, validation of the media is done by media experts and content in the form of questionnaire using Likert scale 1-4. The appreciation given by media expert is 96.43% with the category of "very good", and content expert of 79.41% with the category "very good". While the product trial conducted at SMAN 1 Lohbener, Indramayu gave the result of 86.11%. Based on the validation test and product trial data, it can be concluded that the wind turbine media for independent aquarium energy feeder is suitable to be used as a learning medium for learning physics

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desnita, M.Si 2) Dra. Raihanati, M.Pd
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:48
Last Modified: 28 Mar 2022 02:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25417

Actions (login required)

View Item View Item