PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LAJU REAKSI

ASTIKA RAHAYU, . (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LAJU REAKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI - ASTIKA RAHAYU.pdf

Download (14MB)
[img] Text
ABSTRACT IN ENGLISH.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kimia berupa modul berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research dan Development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi produk oleh ahli materi, bahasa, dan media, dan uji coba produk oleh peserta didik dan guru. Modul pembelajaran disusun dengan menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik. Penyajian materi dan rancangan kegiatan belajar disusun secara sistematis dengan tampilan yang menarik untuk menunjang pembelajaran mandiri bagi peserta didik. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan hasil sangat baik dengan nilai r sebesar 0,81-0,94. Pada tahap akhir, hasil uji coba produk oleh peserta didik dan guru juga menunjukkan hasil yang sangat baik dengan presentase penilaian >80%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia. This research aims to develop a learning module on a scientific approach based chemical reaction rate material. The method used is research and development (Research and Development). Steps being taken in this study consisted of a needs analysis, product development, product validation by subject matter experts, language, and media, and product trials by students and teachers. The development of this learning module serves to support independent learning. Learning materials presented and designed by adopting the steps of the scientific approach. Learning module consists of three learning activities that each systematically arranged. Visual display on the module presented with an attractive design so as to increase the interest of learners. Validation by experts showed very good results with the r value of 0.81 to 0.94. In the final phase, the test results of products by learners and teachers have also proved highly with the percentage of votes> 80%. Based on the results it can be concluded that the learning module based on a scientific approach to the material reaction rate very well developed and feasible for use in the learning process chemistry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ucu Cahyana, M.Si. 2) Dra. Zulmanelis, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 05:48
Last Modified: 28 Mar 2022 05:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25448

Actions (login required)

View Item View Item