PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM PADA PERCOBAAN BIDANG MIRING DENGAN SISTEM SENSOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON TENTANG ANALISA GERAK DI BIDANG MIRING

Ahmad Rifaldi, . (2019) PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM PADA PERCOBAAN BIDANG MIRING DENGAN SISTEM SENSOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON TENTANG ANALISA GERAK DI BIDANG MIRING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (190kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf

Download (197kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (190kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
10.A. BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
10.B. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
10.C. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text
10.D. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text
10.E. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Alat Praktikum Bidang Miring dengan Sistem Sensor yang layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap impelementasi (Implement), dan tahap evaluasi (Evaluate). Hasil validasi dan uji coba menunjukkan rata-rata presentase oleh ahli materi 98%, oleh ahli media 85%, oleh guru fisika SMA 86% dan dari peserta didik SMA kelas XI 91.22%. Hasil rata-rata uji gain sebesar 0.50 menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman peserta didik termasuk dalam interpretasi sedang. Sehingga, media pembelajaran alat Praktikum bidang miring dengan system sensor Untuk Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Analisa Gerak Di Bidang Miring layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Siswoyo, M.Pd ; 2). Dra. Raihanati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 28 Mar 2022 06:59
Last Modified: 28 Mar 2022 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25457

Actions (login required)

View Item View Item