PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME POKOK BAHASAN VEKTOR KELAS XI SMK SATYA BHAKTI 1.

ARIEF MAULANA, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME POKOK BAHASAN VEKTOR KELAS XI SMK SATYA BHAKTI 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BIOGRAFI PENULIS.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB FIX.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (257kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN FIX.pdf

Download (12MB)
[img] Text
Lembar Persembahan.pdf

Download (43kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (275kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI (1).pdf

Download (422kB)
[img] Text
TTG.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) untuk siswa kelas XI SMK. Berdasarkan analisis kebutuhan materi yang dikembangkan adalah vektor dengan Pendekatan Konstruktivisme. Tahapan konstruktivisme dalam pembelajaran adalah Pendahuluan, Eksplorasi, Restrukturisasi, Aplikasi, dan Evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian ini terdiri dari analisis kebutuhan, perencanaan pengembangan model, validasi ahli, uji coba guru dan evaluasi satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa diperoleh bahwa materi yang dimuat dalam lembar kerja siswa yang dikembangkan sudah sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan dalam lembar kerja siswa sudah sesuai dengan ejaan yang disempurnakan dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh bahwa LKS yang dikembangkan desain kover menampilkan kontras yang baik, ukuran dan warna huruf yang dimuat sudah sesuai, dan penempatan unsur tata letak (judul, sub judul, dan ilustrasi) konsisten dan tidak mengganggu teks dan angka halaman. Berdasarkan uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata hasil kuesioner sebesar 89,06% dan termasuk kedalam kategori sangat kuat. Berdasarkan uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata hasil kuesioner sebesar 92,25% dan termasuk dalam kategori sangat kuat. Dengan demikian, LKS yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran materi vektor. This study aims to develop student worksheets (LKS) for students of class XI SMK. Based on the analysis of material needs developed is a vector with the approach of Constructivism. Stages of constructivism in learning are Introduction, Exploration, Restructuring, Application, and Evaluation. The method used in this research is research and development (research and development). The procedure consists of needs analysis, model development planning, expert validation, teacher testing and one-on-one evaluation, small group trials, and large group trials. Based on the validation results of material and language experts obtained that the material contained in the developed student worksheet is in accordance with the educational unit level curriculum. The language used in the student worksheets is in accordance with the enhanced spelling and in accordance with the level of student development. Based on the results of media expert validation it is found that the LKS developed the cover design shows good contrast, the size and color of the letters that are loaded is appropriate, and the placement of layout elements (title, subtitle, and illustration) is consistent and does not interfere with text and page numbers. Based on small group experiment, the average percentage of questionnaire result was 89.06% and included in very strong category. Based on large group trials obtained the average questionnaire results of 92.25% and included in the category is very strong. Thus, the developed LKS meets the feasibility of being used in vector material learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Utami, M.Pd 2) Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:29
Last Modified: 30 Mar 2022 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25512

Actions (login required)

View Item View Item