PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS SDN MENTENG 01 JAKARTA PUSAT)

LUQMAN AHMAD RIFA’I, . (2018) PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS SDN MENTENG 01 JAKARTA PUSAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA.pdf

Download (560kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (605kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
11. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
13. BAB IV PAPARAN DATA, TEMUAN HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
14. BAB V PENUTUP.pdf

Download (37kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di sekolah SDN Menteng 01 Jakarta Pusat, yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan komptensi kepribadian dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2017. Pendekatan yang digunakan kualitaif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diambil dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan guru-guru SDN Menteng 01 Jakarta Pusat. Berdasarkan hasil penelitian dan analisi data, dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah SDN Menteng 01 Jakarta pusat melakukan segala kegiatan pengembangan kompetensi kepala sekolah, berupa pendidikan dan pelatihan, workshop dan penelitian akan sekolah. Pengembangan ini memberi dampak yang segnifikan terhadap kepemimpinan kepala sekolah dalam memimpin sekolah. Kepala sekolah mampu mengontrol emosi dalam melakukan proses kegiatan disekolah, mampu mengatur sumberdaya manusia yang ada disekolah. Emosi harus bisa terkontrol dalam menaggapi segala permasalahan sekolah, masalah yang di selasaikan dengan emosi yang stabil memberikan dampak yang positif terhadaphasil keputusan masalah. Kepala sekolah yang berkompeten juga mampu mengambil keputusan dengan pertimbangan yang matang dan diambil dengan proses yang benar. Hasil keputusan sebuah kebijakan yang dibuat oleh kepala sekolah harus memiliki dampak yang positif terhadap proses kegiatan pembelajaran di sekolah. Pengembangan kompetensi kepribadian kepala sekolah sangatlah penting untuk bisa membantu kepala sekolah dalam mengambangkan dirinya dan sekolah yang ia pimpin. Implikasi dari penelitian ini adalah kepala sekolah harus bisa mengembangkan kompetensinya untuk menunjang kegiatan sekolah. Kepala sekolah SDN Menteng 01 telah melakukan kewajibannya sebagai sekolah yang berkualitas, dengan mengambangkan kompetensi dirinya dan para guru dan menghasilkan output yang berkualitas. Kepala sekolah memliki peranan penting dalam meningkatkan sekolah dengan meningkatkan kompetensi yang dimiliki maka sekolah akan ikut berkembang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Unifah MSi 2) Dr. Desi Rahmawati
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Jan 2020 16:57
Last Modified: 03 Jan 2020 16:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item View Item