PEMAHAMAN BAHASA KEDUA BAGI ANAK PENGHAFAL ALQURAN USIA 6-7 TAHUN (Penelitian Kualitatif pada Anak Penghafal Alquran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izzatus Sunnah, Pulogadung, Jakarta Timur)

AYU HARSETIANIENRUM, . (2017) PEMAHAMAN BAHASA KEDUA BAGI ANAK PENGHAFAL ALQURAN USIA 6-7 TAHUN (Penelitian Kualitatif pada Anak Penghafal Alquran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izzatus Sunnah, Pulogadung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB III FIX.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Cover Judul.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Dfatr riwayat hidup.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (34kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Surat pernyataan.pdf

Download (6kB)
[img] Text
surat keterangn.pdf

Download (68kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (35kB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menggali pemahaman bahasa kedua anak-anak penghafal Alquran usia 6-7 tahun di SDIT Izzatus Sunnah Pulogadung, Jakarta Timur. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak-anak penghafal Alquran usia 6-7 tahun dan belajar bahasa kedua di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izzatus Sunnah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan di Sekola Dasar Islam Terpadu Izzatus Sunnah, Pulogadung. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan hasil penelitian pemahaman bahasa kedua anak usia 6-7 tahun, yaitu:1) anakanak yang memahami bahasa kedua dapat menerjemahkan kata dan kalimat dalam bentuk lisan dan tulisan yang dapat dilihat ketika proses pembelajaran bahasa Arab dan tugas yang mereka tulis. 2) kompenen bahasa kedua bagi anak [enghafal Alquran seperti fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik dapat terlihat jelas perbedaaanya. 3) penggunaan bahasa kedua di lingkungan sekolah dapat terlihat ketika mereka berdoa, menjawab salam, menyapa, proses pembelajaran bahasa Arab, bermain dengan guru atau teman, dan meminta izin saat mau minum dan pergi ke toilet. Hasil ini menunjukan pemahaman bahasa kedua anak dapat dibangun melalui proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap anak sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi dan inovatif untuk membangun pemahaman bahasa kedua anak usia dini. This qualitative study aimed to explore the understanding of second language Koran memorizers children aged 6-7 years in SDIT Izzatus Sunnah Pulogadung, East Jakarta. Research subjects in this study were children aged 6-7 years memorizers of the Qur'an and learning a second language in elementary school Isam Izzatus Sunnah. This study used qualitative methods are implemented at school Basic ISAM Izzatus Sunnah, Pulogadung. Data collection procedures performed using observation, interviews, and documentation. The findings of the research on language understanding both children aged 6-7 years, namely: 1) children who understand a second language can translate words and sentences in oral and written form which can be seen as the process of learning Arabic and the tasks they write. 2) kompenen second language for children [enghafal Qur'an such as phonology, morphology, syntax, semantics and pragmatics can be seen clearly perbedaaanya. 3) the use of a second language in the school environment can be seen when they pray, answered a greeting, greet, learning Arabic, playing with a teacher or a friend, and ask for permission when going to drink and go to the toilet. These results indicate a second language understanding can be built through a child's learning process. Therefore, teachers need to know the capabilities and needs of each child so that they can design a variety of learning activities and innovative ways to build understanding of second language early childhood.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Azizah Muis, S.Pd., M.Pd 2). Dr. Nurjannah, SP., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:35
Last Modified: 30 Mar 2022 06:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25550

Actions (login required)

View Item View Item