AYUNG FEMELIANI, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) (Penelitian Tindakan Kelas Tentang Bumi dan Alam Semesta di Sekolah Dasar Negeri Rawa Bunga 12 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. Lembar Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (380kB) |
|
Text
5. Lembar Kata Pengantar.pdf Download (147kB) |
|
Text
1. Lembar Judul.pdf Download (116kB) |
|
Text
3. Lembar Abstrak.pdf Download (197kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (320kB) |
|
Text
6. Lembar Daftar Isi.pdf Download (102kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (97kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (236kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (646kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (341kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (141kB) |
|
Text
17. Daftar Lampiran Data 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
15. Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (95kB) |
|
Text
16. Daftar lampiran Data 1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) tentang bumi dan alam semesta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Rawa Bunga 12 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 31 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Adapun penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan data yang diperoleh pada siklus I, hasil belajar IPA yang diperoleh sebesar 64,51% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥ 64 atau hanya 20 orang siswa dan pada siklus II hasil belajar IPA meningkat menjadi 87,09% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥ 64 sebanyak 27 orang siswa. Adapun hasil penggunaan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siklus I mencapai 75% dan pada siklus II mencapai 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Rawa Bunga 12 Pagi Jakarta Timur. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Rawa Bunga 12 Pagi Jakarta Timur. The research was intended to improve of science learning to students fifth grade by using cooperative learning model teams games tournament (TGT) type about earth an universe. The subject of this research are fifth grade studendts of state Elementary School Rawa Bunga 12 Pagi Jakarta Timur totally 31 students. This classroom action research was conducted ction. The by using Kemmis and Mc. Taggart model. The research procedure is a cycle included by planning, action, observing, and reflection. The result of the study showed the data got in first cycle of science learning result up to 64,51% from all students that got score ≥ 64 or only 20 students and in second cycle the result of science learning was increased up to 87,09% from all students that got the score ≥ 64 totally 27 students. The results of the use of cooperative learning model of type Teams Games Tournament (TGT) on the first cycle reach 75% and in the second cycle reached 95%. Based on the result of the study it can be concluded that using cooperative learning model Teams Games Tournament (TGT) type can improve the students learning outcome of science for fifth grade students of state elementary school Rawa Bunga 12 Pagi Jakarta Timur. Implication oh this research finding that cooperative learning model Teams Games Tournament (TGT) the type it can be one of the method to improve the students learning outcome of science for fifth grade students of State Elementary School Rawa Bunga 12 Pagi Jakarta Timur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 07:14 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 07:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25554 |
Actions (login required)
View Item |