PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 11 SETIABUDI JAKARTA SELATAN

BAGUS FENDY PRASETYO, . (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 11 SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3 dan 4. LEMBAR ABSTRAK (INDO+ING).pdf

Download (10kB)
[img] Text
5. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI (DI SCAN).pdf

Download (64kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (96kB)
[img] Text
2. lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (185kB)
[img] Text
8. LEMBAR DAFTAR ISI, Lampran, tabel, dan gambar.pdf

Download (56kB)
[img] Text
6. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (195kB)
[img] Text
7. lembar persembahan.pdf

Download (98kB)
[img] Text
9. bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. bab 1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
9. bab 5.pdf

Download (92kB)
[img] Text
9. bab 2.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. bab 3.pdf

Download (402kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV di SDN Menteng Atas 11 Setiabudi, Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menteng Atas 11 sebanyak 38 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen, observasi, catatan jurnal penelitian dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi sebagai dasar perencanaan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis data diperoleh persentase keterampilan menulis deskripsi sebesar 68,42% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 89,47%. Hasil tersebut menunjukan kesesuaian dengan hipotesis tindakan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II melebihi 80% maka hipotesis diterima. Implikasi dari peneltian ini adalah bahwa metode mind mapping dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran dalam meningkatakan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV sekolah dasar. This study aims to improved the skills of writing descriptions in the fourth grade students at SDN Menteng Atas 11 Setiabudi, South Jakarta. The subjects were students of class IV SDN 11 Menteng Atas many as 38 students. The method used is classroom action research. Collecting data used instruments, observation, research journal notes and documentation. The experiment was conducted used the model cycle of Kemmis and Mc. Taggart. Classroom action research conducted through the planning, implementation, observation and reflection as the basis for planning the next cycle. The results showed that the percentage is based on data analysis skills to write descriptions of 68,42% in the first cycle and the second cycle by 89,47%. These results indicate conformity with the hypothesis that the increased action of the first cycle to the second cycle exceeds 80% then the hypothesis is accepted. The implication of this research is that the mind mapping method can be used as one method of learning in students improve their writing skills descriptions fourth grade of primary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sehati Kaban, M. Pd. 2). Dra. Iva Sarifah, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Mar 2022 05:46
Last Modified: 31 Mar 2022 05:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25556

Actions (login required)

View Item View Item