PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK ANIMASI BERBASIS MOBILE LEARNING (M-Learning) UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR MANDIRI SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI SMP

ANAS PRANILA PARAMITA, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK ANIMASI BERBASIS MOBILE LEARNING (M-Learning) UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR MANDIRI SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI SMP. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3 Bab 2 Tesis Mitha.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1 cover tesis mitha.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 bab 3 Tesis Mitha.pdf

Download (767kB)
[img] Text
2 Bab 1 Tesis Mitha.pdf

Download (63kB)
[img] Text
7 Dapus Tesis Mitha.pdf

Download (485kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN Tesis Mitha.pdf

Download (15MB)
[img] Text
9 profil Tesis Mitha.pdf

Download (211kB)
[img] Text
5 bab 4 Tesis Mitha.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 bab 5 Tesis Mitha.pdf

Download (245kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi berbasis mobile learning untuk meningkatkan belajar mandiri siswa pada materi gerak lurus di SMP. Dalam melakukan penelitian digunakan metode Research and Development yang mengacu pada model ADDIE. Tahapan dalam pengembangan penelitian ini, yaitu Analyze, Design, Development, Implementasi, dan Evaluation. Objek dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa kelas VII di SMPK Santo Paulus.instrumen penelitian yang digunakan berupa angket belajar mandiri dan tes hasil belajar mandiri, serta lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli media menunjukan 91% (sangat baik). Hasil validasi ahli materi menunjukan 89% (sangat baik). Berdasarkan hasil penilaian terhadap keefektifan media pembelajaran animasi berbasis mobile learning pada materi gerak lurus, diperoleh N-gain pada hasil tes belajar mandiri sebesar 0,6054 dengan kategori sedang sedangkan N-gain pada belajar mandiri sebesr 0,594. Hal ini menunjukan adanya peningkatan belajar mandiri siswa. Berdasarkan data diatas, penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran animasi berbasis mobile learning dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk meningkatkan belajar mandiri siswa This study aims to develop learning media based on mobile learning animation to improve students' self-learning on the material straight motion at junior high school. This research used method of Research and Development which refers to model of ADDIE witc. Stages namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The object of this research is 54 students of class VII at SMPK St. Paulus. Research instrument used the form of self-study questionnaire and self-study result test, and validation sheet of material expert and media expert. The results of validation of media experts showed that 91% (very good) The results of validation of material experts showed 89% (very good) Based on the results of the assessment of the effectiveness of learning media based on mobile learning animation on the material straight motion, obtained N-gain on the results of independent learning test of 0,6054 with medium category.This indicates the improvement of self-study of students. Based on the above data, this study shows that the development of learning media based on mobile learning animation can be used as an independent learning media to improve student self-learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Betty Zelda Siahaan. MM 2) Prof. Dr. I Made Astra ,M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Mar 2022 06:18
Last Modified: 31 Mar 2022 06:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25566

Actions (login required)

View Item View Item