BELAJAR MEMANFAATKAN RUANG TERBATAS DALAM BUDIDAYA IKAN LELE DAN KANGKUNG MELALUI MEDIA VIDEO INTERAKTIF (RISET AKSI PARTISIPASI DI KELURAHAN LEBAK BULUS, CILANDAK, JAKARTA SELATAN)

LULU KHAIRUNNISA ZAHRA, . (2022) BELAJAR MEMANFAATKAN RUANG TERBATAS DALAM BUDIDAYA IKAN LELE DAN KANGKUNG MELALUI MEDIA VIDEO INTERAKTIF (RISET AKSI PARTISIPASI DI KELURAHAN LEBAK BULUS, CILANDAK, JAKARTA SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peserta program BUDIKDAMBER RW 03 Lebak Bulus memiliki pengetahuan yang kurang mengenai pemanfaatan lahan sempit untuk kegiatan budidaya. Mereka membutuhkan media sebagai sumber belajar terkait kegiatan budidaya tersebut. Hal ini memotivasi peneliti untuk memberikan edukasi menggunakan video interaktif tentang cara budidaya memanfaatkan lahan sempit kepada peserta program BUDIKDAMBER Yayasan Panti Nugraha RW 03 Kelurahan Lebak Bulus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa penerapan model Participatory Action Research (PAR) yang bertujuan melakukan perubahan situasi atau keadaan yang ada dalam masyarakat ke arah yang lebih baik. Hasil pemberdayaan menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan peserta mengenai pemanfaatan lahan sempit dan kegiatan budidaya sebelum dan setelah edukasi, seperti pemanfaatan ember sebagai tempat budidaya. Selain itu, terjadi peningkatan motivasi peserta untuk melakukan kegiatan budidaya secara mandiri dan menggunakan media video sebagai sumber belajar. Peserta program disarankan untuk melanjutkan kegiatan budidaya mandiri agar tercipta ketahanan pangan untuk memenuhi gizi keluarga di RW 03. Participants of the BUDIKDAMBER RW 03 Lebak Bulus program have less knowledge about the use of narrow land for cultivation activities. They need media as a source of learning related to these cultivation activities. The researcher was motivated to provide learners using interactive videos about cultivating the narrow land for participants of the BUDIKDAMBER program, Panti Nugraha Foundation, RW 03, Lebak Bulus Village. The study used a qualitative approach to implementing the Participatory Action Research (PAR) model to improve the situation or circumstances in the society. The empowerment results showed the differences in participants' knowledge about the use of narrow land and cultivation activities before and after learning, such as using buckets for the plant. In addition, participants' motivation increased to cultivate activities independently and to use video media as a learning resource. The participants advise continued self-cultivation activities to create food security to fulfill family nutrition in Lebak Bulus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elais Retnowati, M.Si. 2). Karta Sasmita, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 14568 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:14
Last Modified: 20 Jul 2022 02:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25603

Actions (login required)

View Item View Item