EVALUASI PROGRAM KURIKULUM BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI PISANGAN TIMUR 10 JAKARTA

DENNY SURYA WIDAYAT, . (2016) EVALUASI PROGRAM KURIKULUM BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI PISANGAN TIMUR 10 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (137kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (43kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
4. LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (310kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (149kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
14. DAFTAR TABEL.pdf

Download (10kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (28kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (500kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
16. DAFTAR DATA LAMPIRAN DATA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sekolah Dasar Negeri Pisangan Timur 10 Jakarta menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam pengembangan kurikulum sekolah memperhatikan kearifan local, potensi local, dan kesiapan dari sekolah itu sendiri. Kurikulum ini digunakan dalam satu tahun ajaran.Standar Kompetensi Lulusan merupakan salah satuStandar Nasional Pendidikan yang didalamnya memuat kriteria mengenai kualifikasi kemampuan peserta didik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan penelitian di Sekolah Dasar Negeri Piisangan Timur 10 Jakarta dengan menggunakan metode deskriptif evaluative dengan pendekatan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Penelitian yang dilaksanakan memberikan beberapa gambaran serta beberapa penilaian dari peneliti sendiri berdasarkan instrument yang peneliti gunakan diantaranya seperti kesesuaian muatan RPP dengan SKL yang sudah diatur oleh pemerintah, kelengkapan fasilitas sumber belajar, kriteria kelulusan, dan 17 komponen standar kompetensi lulusan sesuai dengan Badan Akreditasi Nasional. Hasil yang diperoleh untuk komponen konteks adalah kesesuaian tujuan, latar belakang, dan prinsip pengembangan kurikulum sesuai dengan Peraturan Pemerintah. Untuk komponen input adalah perangkat pembelajaran, kelengkapan fasilitas sekolah, kriteria kelulusan, dan perangat sekolah llain telah sesuai dengan ketentuan peraturan. Untuk komponen proses adalah tata cara perencanaan dan pelaksanaan kurikulum yang sesuai dengan peraturan. Terakhir yaitu komponen produk dengan 17 komponen standar kompetensi lulusan. Di Sekolah Dasar Negeri Pisangan Timur 10 Jakarta ini memenuhi kriteria sangat baik dan direkomendasikan untuk digunakan kembali pada tahun ajaran berikutnya. Sekolah Dasar Negeri Pisangan Timur 10 Jakarta use Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). In school curriculum development attention to local wisdom, local potential, and readiness of the school itself. The curriculum is used in a year. Standar Competency is one of the National Education which includes the criteria regarding the qualifications the ability of learners that includes attitudes, knowledge, and skills. In this study, researchers conducted research at Sekolah Dasar Negeri Pisangan Timur 10 Jakarta by using descriptive method with the evaluative model approach Context, Input, Process, Product (CIPP). Studies conducted to give some overview and some assessment of the researchers themselves based instrument that researchers use such as the suitability of the charge RPP with SKL already regulated by the government, complete facilities of learning resources, criteria for graduation, and 17 components of competency standards in accordance with the National Accreditation Board. The results obtained for the components of the context is fitness for purpose, background, and principles of curriculum development in accordance with Government Regulation. To input component is a learning device, complete facilities of the school, the graduation criteria, and the others of school complies with regulatory requirements. For the components of the process is a procedure for planning and implementing the curriculum in accordance with the regulations. One final component of the product with 17 components competency standards. Sekolah Dasar Negeri Pisangan Timur 10 Jakarta meets the criteria very well and recommended for reuse in the next school year.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rugaiyah, M.Pd. 2). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Apr 2022 12:58
Last Modified: 02 Apr 2022 12:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25629

Actions (login required)

View Item View Item