PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA KELUARGA ORANGTUA LENGKAP DENGAN KELUARGA ORANGTUA TUNGGAL (Studi Ex Post Facto Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 163 Jakarta)

Kamilia Fairuz Hisana, . (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA KELUARGA ORANGTUA LENGKAP DENGAN KELUARGA ORANGTUA TUNGGAL (Studi Ex Post Facto Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 163 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
lembaar pengesahan kamilia.pdf

Download (545kB)
[img] Text
ABSTRACT kamel.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa pada keluarga orangtua lengkap dengan keluarga orangtua tunggal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan Propotionate stratified random sampling yaitu siswa kelas VIII yang berasal dari keluarga orangtua lengkap dengan siswa pada keluarga orangtua tunggal sebagai sampel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi dengan cara mengkaji dokumen data pribadi siswa yang diperoleh dari buku leger kelas VIII SMP Negeri 163 Jakarta. Data hasil belajar diperoleh dari hasil UTS siswa pada semester genap. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test) pada taraf signifikan α = 0,05 dan diperoleh nilai T sebesar 4,879 dan di peroleh T sebesar 1.992, maka T > T sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa pada keluarga orangtua lengkap dengan keluarga orangtua tunggal, dengan nilai rata-rata skor siswa 85,77 pada keluarga orangtua lengkap dan skor siswa pada keluarga orangtua tunggal 77,93. Maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar IPS siswa pada keluarga orangtua lengkap lebih baik dibandingkan dengan siswa pada keluatga orangtua tunggal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eko Siswono, M.Si ; 2). Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Jan 2020 12:02
Last Modified: 06 Jan 2020 12:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2564

Actions (login required)

View Item View Item