Kharomah Afianda Azis, . (2016) PRASANGKA SOSIAL DALAM PERGAULAN SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN ETNIS (Survei di SMA Negeri 2 Kelas XI Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (95kB) |
Abstract
Penelitian ini akan membahas mengenai Prasangka Sosial yang terjadi dalam pergaulan siswa antara keturunan etnis Tionghoa dan keturunan etnis Pribumi di SMAN 2 di jalan raya Taman Sari Gajah Mada Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survey. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa yang beretnis Tionghoa dan Pribumi di sekolah tersebut dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan skala sikap model Likert. Instrument yang digunakan adalah kuesioner yang menggunakan skala penilaian model likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi Prasangka Sosial antara siswa keturunan etnis Tionghoa dan Pribumi. Namun Prasangka Sosial yang terjadi muncul dari faktor yang berbeda antara etnis Pribumi terhadap Tionghoa atau antara etnis Tionghoa terhadap Pribumi berdasarkan temuan penelitian mengenai pola pertemanan pada kedua kelompok, masih menunjukan adanya kecenderungan yang kuat untuk memilih teman akrab hanya dengan satu etnis saja.Sikap siswa WNI keturunan Tionghoa dalam memilih sekolah masih menjadikan kesamaan ras sebagai pendorong untuk memasuki sekolah yang mayoritas siswanya keturunan Tionghoa. Sikap kedua kelompok juga masih menunjukan adanya prasangka, diantara mereka kurang saling menghargai satu dengan lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Eko Siswono, M.Si ; 2). Dr. Desy Safitri M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 12:37 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 12:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2566 |
Actions (login required)
View Item |