PENGEMBANGAN KOMPONEN INSTRUMEN TERPADU (KIT) PRAKTIKUM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA

AINI FATIMAH, . (2017) PENGEMBANGAN KOMPONEN INSTRUMEN TERPADU (KIT) PRAKTIKUM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3215126537-AINI FATIMAH.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media berupa kit praktikum pembangkit listrik tenaga surya yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran fisika pada sub materi energi terbarukan. Media yang dikembangkan berupa kit praktikum pembangkit listrik tenaga surya yang dirancang khusus sebagai media yang efektif dan efisien dimana bisa digunakan sebagai alat praktikum untuk mengukur besar intensitas cahaya, arus listrik dan voltase. Media pembelajaran ini dilengkapi baterai/aki untuk menyimpan energi listrik yang akan dialirkan ke lampu, bel dan stop kontak. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, didapatkan sebanyak 49,25% dari 67 responden mengatakan tidak ada alat praktikum pembangkit listrik di sekolah mereka. Sebanyak 95,52% dari 67 responden mendukung peneliti dengan adanya pengembangan KIT praktikum pembangkit listrik tenaga surya. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain model ADDIE dengan langkah-langkah pengembangan: (1) Analyze (2) Design (3) Develop (4) Implement (5) Evaluate. Hasil validasi ahli media sebesar 84,89%, ahli materi 90,91 dan guru fisika terhadap aspek media sebesar 94,27% aspek materi 87,5% diinterpretasikan sangat baik. Hasil uji implementasi ke siswa didapatkan perolehan n-gain sebesar 0,4658 diinterpretasikan sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa KIT praktikum ini layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi energi terbarukan. This research aims to produce the development product in the form of a set of practical solar power plant which can be used by teachers and students in the learning process of physics to increase knowledge and scientific thinking ability of students in learning physics on the renewable energy sub material. The media developed in the form of a set of practical solar power plant specifically designed to be effective and efficient which serve as a set practical to measure light intensity, the electric current and the voltage. This learning media equipped with a battery/accu to store electrical energy for lighting, electric bell and electric socket. Based on the analysis needs, gained as much as 49,25% of 67 respondents said that there is no power plant practice at their school. As many as 95,52% of 67 respondents support researcher with the development of solar power plant practice set. The method used in this study is ‘Research and Development’ (R&D) Method by using ADDIE design model: (1) Analyze (2) Design (3) Develop (4) Implement (5) Evaluate. Validation results media experts 84,89%, matter experts 90,91% and physics teachers against the media aspect 94,27% matter aspect 87,6% were interpreted very well. The result of student implementation test obtained 0,4658 of ngained. So it can be inferred that this practical kit is suitable of being used as a media of learning physics and can increase the understanding of renewable energy to the materials students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Vina Serevina, MM 2) Cecep. E. Rustana, Ph.D
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:37
Last Modified: 04 Apr 2022 02:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25722

Actions (login required)

View Item View Item