PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR

AGNESIA ASTRI SURYANI, . (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan video pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi lima tahapan yaitu; analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), pengimplementasian (implementation) dan evaluasi (evaluation). Proses pembuatan video pembelajaran terdapat tiga proses yaitu proses persiapan, tahap produksi dan pasca produksi. Presentase yang diperoleh dari hasil penelitian uji validasi ahli materi yaitu 89,75% dengan interpretasi sangat baik, ahli media sebesar 78,3% dengan interpretasi baik, ahli pembelajaran sebesar 95,23% dengan interpretasi sangat baik, uji kelayakan guru sebesar 84% dengan interpretasi sangat baik dan uji coba siswa sebesar 82% dengan interpretasi sangat baik. Dengan demikian video pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dikelas. This study aims to produce products and know the feasibility of learning video development products with a contextual approach on the material dynamics of rotation and equilibrium of rigid bodies. Research and Development (R & D) refers to the development model of ADDIE includes five stages: Analysis, design, development, implementation and evaluation. There are three process of making video of learning process which are, preparation process, production stage and post production. The percentage obtained from the result of the experimental material validation test is 89.75% with excellent interpretation, the media expert is 78.3% with good interpretation, the learning expert is 95.23% with excellent interpretation, the teacher's feasibility test is 84% with excellent interpretation and 82% student test with excellent interpretation. Thus, video learning is developed into a learning media in the classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Astra, M.Si 2) Dra. Raihanati, M.Pd
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:05
Last Modified: 04 Apr 2022 03:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25734

Actions (login required)

View Item View Item